Home Otomotif Ini Penyebab Baterai Hyundai IONIQ 5 Drop dan Tak Bisa Dicas

Ini Penyebab Baterai Hyundai IONIQ 5 Drop dan Tak Bisa Dicas

25
0
Advertisement

HOTABIS.COM – Pengguna Hyundai IONIQ 5 yang mengalami masalah pada baterai, Ashram Shahriva, mengungkap penyebab malfungsi mobil listriknya itu. Temuan dari hasil investigasi awal pabrikan, ada masalah pada modul baterai.

“Update terbaru setelah saya melakukan google meet dengan pihak Hyundai, modul maupun block baterainya akan diganti secara keseluruhan. Penyebabnya, ada malfungsi di salah satu sel baterai dan ini jadi penyebab penolakan daya listrik dari charger,” ungkapnya saat dihubungi kumparan, Minggu (16/10).

Pihak Hyundai sendiri masih enggan untuk membeberkan penyebab terjadinya malfungsi pada sel baterai tersebut. Ini dikarenakan proses investigasi masih berlangsung.

“Belum ada keterangan lebih lanjut dari pihak Hyundai. Mereka akan menggantinya (modul dan blok baterai) dulu dan dipastikan aman sebelum diberikan ke saya,” jelasnya.

Meski Hyundai memberikan estimasi waktu pengerjaan hingga dua minggu, perbaikan mobil tersebut ternyata lebih cepat. Pemilik sudah bisa mengambilnya esok hari.

“Kemarin, saya sudah ditelepon sama pihak HMID-nya juga, mobilnya sudah bisa diambil lagi di Leuwipanjang. Sudah selesai katanya, ” tambah Ashram.

Ia menegaskan, perbaikan itu tidak dipungut biaya karena masih masuk masa garansi baterai Hyundai IONIQ 5 selama 8 tahun atau 160 ribu kilometer pemakaian. “Free seperti keterangan kemarin, ” katanya.

Diketahui, harga satu modul baterai IONIQ 5 mencapai Rp 15 juta hingga Rp 20 juta. Varian Long Range memiliki 30 modul baterai dan 24 modul untuk varian Standard Range.

Apabila melakukan penggantian modul secara keseluruhan, harganya bisa mencapai 40 hingga 50 persen dari harga kendaraan. Makanya, Hyundai menawarkan garansi baterai IONIQ 5 selama 8 tahun atau 160.000 kilometer.

Sebelumnya, Hyundai IONIQ 5 yang digunakan Ashram mengalami kejadian baterai drop ketika hendak digunakan. Padahal tak ada masalah yang ditemui dan penggunaannya wajar.

Tak diduga, baterainya mengalami penurunan kapasitas yang luar biasa dari 80 ke 0 persen. Kemudian usaha mengisi dayanya kembali pun sia-sia, sistem menolak untuk melakukan charging.

pasang iklan

Leave a Reply