agenliga
/ Family Fashion and Trend / Tips Memilih Busana Sebelum Wawancara Kerja untuk Hijabers

Tips Memilih Busana Sebelum Wawancara Kerja untuk Hijabers

Dodox Coolz on November 17, 2014 - 9:56 pm in Family Fashion and Trend, Lifestyle Artikel ini dibaca 2782 Kali
Tips Memilih Busana Sebelum Wawancara Kerja untuk Hijabers
Rate this post

Hotabis.com – Tidak hanya pengetahuan saja yang harus dipunya saat wawancara tapi penampilan juga penting diperhatikan karena bisa mempengaruhi penilaian pewawancara. Menurut Consultant Assessment di Experd Consultant, Cherry Zulviyanti Riadi Lukman, setiap perusahaan memiliki penilaian yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang memberikan 80% penilaian lolos tidaknya si pelamar berdasarkan penampilan namun ada pula yang hanya 30%.

Oleh karena itu, penting memperhatikan penampilan Anda sebelum melakukan wawancara terutama di perusahaan yang sudah didambakan sejak lama. Mungkin bagi wanita yang tidak berhijab cukup mudah bisa menggunakan rok pendek, kemeja serta blazer. Berbeda ketika sudah berjilbab, hijabers harus bisa menyesuaikan rok panjang, celana, atasan, serta kerudung supaya tidak tampak memaksa, berlebihan, atau terlalu santai.

Fashion blogger hijab populer asal Malaysia, Shea Rasol, menyarankan agar memadupadankan hijab sesuai dengan bidang Anda. Wawancara kerja untuk perusahaan yang bergerak di bidang perbankan tentu berbeda ketika dipanggil tes interview di perusahaan desain atau media massa. Cocokkan gaya busana dengan bidang perusahaan yang dituju. Berikut tips untuk hijabers ketika memilih busana sebelum wawancara kerja.

1. Akuntan/Bank/Hukum
Seperti dikutip dari Aquila Style, bagi wanita berhijab yang akan melamar di bidang akuntan, hotel, atau hukum sebaiknya menggunakan busana yang membuat penampilan terlihat profesional dan dewasa. Pilihannya bisa berupa rok pensil yang dipadukan kemeja putih dan blazer. Lengkapi dengan scarf segiempat model Turki atau gaya hijab yang simpel.

Jika ingin menggunakan celana, pilihlah yang berpotongan palazzo agar tidak terlihat ketat dan bisa membuat kaki lebih jenjang. Padukan celana dengan kemeja putih yang dimasukkan ke dalamnya agar terlihat lebih rapi dan profesional. Lengkapi gaya busana dengan scarf warna cerah, tidak harus putih bisa abu-abu atau warna lainnya. Maksimalkan penampilan dengan high heels.

2. Guru/Pemerintah/Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Berbeda ketika akan melamar sebagai guru, pegawai pemerintah, atau anggota LSM, Anda tidak harus berpenampilan kaku seperti nomor satu. Pilihan busana bisa sedikit santai tapi tetap menunjukkan kalau Anda serius.

Misalnya saja padu padan rok lurus panjang, kemeja putih, cardigan, dan penambahan scarf segiempat material sutera untuk membentuk gaya hijab Turki. Jika ingin menggunakan celana tetap pakailah yang berpotongan pipa atau lebar. Pilih scarf yang senada seperti busana Anda. Hindari menggunakan busana tabrak warna.

3. Hotel/Marketing/Management/Public Relation
Ketika bekerja sebagai marketing atau humas sebaiknya lebih kreatif dalam memadupadankan busana agar terlihat stylish tapi profesional. Cukup bergaya sesuai karakter personal Anda tapi tetap terlihat formal. Hindari menggunakan busana yang membuat Anda terkesan santai. Pakailah high heels untuk tampil modis setiap saat. Pilihan kerudung juga sebaiknya bukan paris karena kurang terlihat profesional.

4. Media/Desain/Retail/Kreatif
Saat bekerja di media, desain, atau bidang kreatif lainnya bisa menggunakan busana yang kasual. Anda bebas bergaya sesuai karakter masing-masing tapi sebaiknya tidak berlebihan. Hindari menggunakan busana bertumpuk ketika ke kantor karena tentu terlalu menarik perhatian.

5. Bawa Busana Ganti
Jika merasa tubuh mudah berkeringat, ada baiknya Anda membawa busana pengganti. Pakaian cadangan berguna untuk mengganti baju Anda bila lecak, berkeringat, atau terkena noda makanan. Carilah busana yang membuat Anda tetap rapi dan formal agar meyakinkan pewawancara bahwa Anda siap bergabung dalam perusahaan.

“Tunjukkan kalau kita sangat ingin bergabung dengan perusahaan, diri kita siap bergabung dengan perusahaan, profesional look harus ditampilkan,” saran Cherry.

0 POST COMMENT
Rate this article
Tips Memilih Busana Sebelum Wawancara Kerja untuk Hijabers
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: