Home Berita IT Selamat Tinggal Google Reader

Selamat Tinggal Google Reader

1335
0
SHARE
Selamat Tinggal Google Reader
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Google kembali membuat berita mengejutkan. Setelah pengumuman pengunduran diri Andy Rubin sebagai pemimpin divisi sistem operasi Android, kini Google membeberkan akan “membunuh” alias menghentikan layanan Google Reader dan beberapa produk lainnya.

Dikutip dari Slashgear, Kamis (14/3/2013), Google mengatakan, walaupun Reader memiliki pengguna yang loyal, pengguna layanan ini semakin menurun dalam beberapa tahun belakangan. Oleh karena itulah, perusahaan raksasa internet ini memutuskan untuk menghentikan layanan yang sudah berumur 8 tahun tersebut.

Layanan Google Reader sendiri baru akan benar-benar dimatikan pada 1 Juli 2013 mendatang. Hingga tanggal tersebut, Google memberikan waktu bagi para pengguna layanan ini untuk memindahkan data ke layanan RSS feed lainnya.

Bagi pengguna yang ingin memindahkan data Reader, Google menyediakan sebuah layanan yang disebut Google Takeout. Pengguna bisa mengunduh data Reader milik mereka melalui layanan ini. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur export/import file OPML yang terdapat di bagian setting Reader.

Selain Reader, demi kembali ke bisnis inti, Google juga akan menutup beberapa layanan lainnya, seperti Apps Script, CalDav API, Google Building Maker, Google Cloud Connect, Google Voice App untuk BlackBerry, Search API untuk Shopping, dan aplikasi olah foto Snapseed Desktop untuk Mac dan Windows.

Secara total, sejak 2011 yang lalu, Google telah menutup 70 layanan mereka.

Facebook Comments
VIMAX

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here