Home News Berita Nasional SBY: Saya Tidak Berwenang Hukum Mati Akil Mochtar

SBY: Saya Tidak Berwenang Hukum Mati Akil Mochtar

44 views
0
SBY: Saya Tidak Berwenang Hukum Mati Akil Mochtar
Rate this post

banner-raja

Hotabis.com – Sejak Akil Mochtar ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, tuntutan hukuman mati terus didengungkan masyarakat pada Ketua MK itu. Presiden SBY tidak berwenang untuk menghukum mati Akil.

“Banyak yang menyampaikan pada saya, kolega, pimpinan, lembaga negara seperti itu, agar Presiden menerapkan hukuman mati saja pada koruptor sebagai contoh pada Ketua MK. Presiden tidak bisa menetapkan seseorang katakanlah dihukum mati, hukuman apapun, hukuman mati, hukuman seumur hidup, hukuman berat, hukuman ringan,” ujar SBY dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2013).

SBY mengatakan itu usai rapat terbatas tentang nasib Akil bersama Wapres Boediono, Ketua MPR Hajriyanto Y Thohari, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua MA Hatta Ali, Ketua KY Suparman Marzuki dan Ketua BPK Hadi Poernomo. Rapat itu tidak dihadiri pimpinan MK.

Menurut SBY, yang memutuskan menghukum mati seseorang adalah majelis hakim. SBY dan pejabat negara lainnya tidak berwenang memutuskan itu.

“Tidak seorang pun apakah Ketua MPR, Ketua DPR. Sekali lagi majelis hakim, rakyat ingin tindakan yang tepat,” tutur SBY yang mengenakan baju safari krem ini.

Tuntunan hukuman mati pada Akil itu pertama kali diutarakan oleh mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqqie. Apa yang dilakukan Akil, diduga menerima suap terkait sengketa Pilkada Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, memalukan. Akil selaku pimpinan tertinggi hukum harus dituntut maksimal.
“KPK harus berani menempatkan tuntutan pidana mati,” jelas Jimly saat berbincang dengan detikcom, Kamis (3/10).

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here