Sambut Kemerdekaan RI Dengan Aplikasi Android Lokal

    57 views
    0
    Sambut Kemerdekaan RI Dengan Aplikasi Android Lokal
    Rate this post

    banner-raja

    Hotabis.com –  Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69, pengguna smartphone Android bisa memupuk semangat nasionalisme mereka melalui berbagai aplikasi lokal yang bertemakan HUT Kemerdekaan RI.

    Banyak aplikasi-aplikasi Android buatan developer lokal yang mengusung tema tersebut. Versinya pun bermacam-macam, ada game, sejarah, bahkan hingga pantun kemerdekaan. Menarik, bukan?

    Berikut beberapa aplikasi Android lokal bertema HUT Kemerdekaan RI yang dihimpun oleh KompasTekno.

    Indonesia Merdeka
    Aplikasi ini merupakan aplikasi game sederhana yang dikembangkan oleh Darius Halim. Di dalamnya, terdapat bermacam jenis permainan yang sering dilombakan saat menjelang 17 Agustus, seperti balap karung, balap kelereng, tarik tambang, mengambil koin dengan mulut, atau memasukkan pensil ke dalam botol.

    Jika dahulu perlombaan-perlombaan tersebut sering dimainkan di lapangan, kini pengguna Android bisa memainkannya di perangkat masing-masing.

    Guess the Indonesian Hero
    Bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan jasa para pahlawannya. Aplikasi Guess the Indonesian Hero ini bisa membantu mengingatkan pengguna smartphone Android atas jasa-jasa para pahlawan pendiri bangsa, dengan menebak wajahnya.

    Aplikasi yang dibuat oleh Edi Katekan ini selain menantang ingatan kita, juga menyajikan informasi yang berguna. Pasalnya, jika kita berhasil menebak nama foto pahlawan yang ditampilkan, link menuju halaman Wikipedia yang membahas tentang pahlawan tersebut juga akan ditampilkan.

    Aplikasi serupa yang juga terdapat di Play Store adalah Tebak Nama Pahlawan

    Battle to Merdeka
    Game Battle to Merdeka yang dikembangkan oleh Ambigem merupakan game puzzle yang tujuannya adalah untuk mengambil alih barak musuh. Dalam game ini, diceritakan para pejuang Indonesia yang harus merebut barak musuhnya, Belanda.

    Pantun Ucapan Kemerdekaan RI
    “Putar-putar tiang menara, dilihat dai Prabumulih,
    Kibar-kibarlah ini bendera, Bendera Sangsaka Merah Putih..”

    Pantun, yang merupakan ciri khas budaya Melayu, juga bisa digunakan untuk mengekspresikan semangat nasionalisme, seperti yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini.

    Aplikasi Pantun Kemerdekaan RI buatan pengembang Rejeki Melimpah memiliki 39 koleksi pantun ucapan HUT Kemerdekaan RI. Sebagian ada yang lucu, menarik, namun ada pula yang bisa menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

    Asyiknya, pantun-pantun tersebut juga bisa dibagikan melalui jejaring media sosial, seperti Facebook dan Twitter, selain bisa dikirim melalui SMS atau BBM.

    Facebook Comments

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here