Home News Berita Nasional Ratusan Wisatawan Terjebak di Karimunjawa akibat Cuaca Buruk

Ratusan Wisatawan Terjebak di Karimunjawa akibat Cuaca Buruk

94 views
0
Ratusan Wisatawan Terjebak di Karimunjawa akibat Cuaca Buruk
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Ratusan wisatawan domestik dan mancanegara masih tertahan di Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, karena kapal yang melayani penyeberangan ke Jepara masih menunggu cuaca laut kembali normal.

Dikutip Tribunnews, Camat Karimunjawa, Muh Tahsin, di Jepara, Rabu (6/8/2014), mengatakan, jumlah wisatawan yang tertahan berdasarkan data sementara sekitar 300-an, baik lokal maupun mancanegara.

“Hanya saja, kami belum bisa memastikan jumlah sebenarnya wisatawan mancanegara yang hingga kini masih tertahan,” ujarnya.

Wisatawan tersebut, lanjut Tahsin, tertahan karena tingginya gelombang sejak Selasa (5/8/2014). “Mereka tiba di Karimunjawa sejak Senin (4/8/2014) sekitar pukul 11.00 WIB menggunakan Kapal Motor Cepat Express,” ujarnya.

Pada hari yang sama, menurut Tahsin, kapal tersebut langsung menuju ke Jepara sehingga saat ini tidak ada kapal di Karimunjawa. Hingga Rabu (6/8/2014), ketinggian ombak di laut masih tinggi sehingga tidak aman untuk berlayar.

Ia berharap wisatawan tidak nekat pulang menggunakan perahu nelayan dengan cara sembunyi-sembunyi. Pasalnya, cuaca laut setempat tidak mendukung aktivitas pelayaran.

Terkait dengan kasus tersebut, lanjut Tahsin, pemerintah sudah mengeluarkan imbauan kepada pengelola penginapan agar memberikan potongan sewa penginapan.

Kasus serupa sudah berulang kali terjadi, sehingga para wisatawan seharusnya mendapat penjelasan dari biro perjalanan atau informasi dari berbagai media yang sering memberitakan cuaca di laut Jepara.

Jika ada wisatawan yang tertahan di Pulau Karimunjawa, maka tidak ada yang bisa menjamin kepastian kapan bisa kembali karena cuaca laut sulit diprediksi.

Meski demikian, tambah Tahsin, pihaknya tetap akan berupaya membantu wisatawan yang masih tertahan tersebut, sebagai bentuk tanggung jawab moral.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.