Home Teknologi Gadget Penyebab Menurunnya Pemasaran Samsung

Penyebab Menurunnya Pemasaran Samsung

212 views
0
Penyebab Menurunnya Pemasaran Samsung
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Setelah mendapati kenyataan pangsa pasarnya menurun di kuartal ini, Samsung berpikir keras untuk mengembalikan kehilangannya. Banyak pengamat yang menyalahkan materi plastik yang digunakan di ponsel Samsung sebagai penyebab penurunan.

Samsung telah meluncurkan Galaxy Alpha yang dilengkapi bingkai terbuat dari metal. Ini merupakan jawaban Samsung untuk meningkatkan penjualannya di kuartal ketiga tahun ini.

Samsung telah memiliki Galaxy Alpha dengan bingkat metal sebagai permulaan baru. Desainnya pun sedikit lebih baru dibandingkan produk lama. Sebelumnya, pada bulan Mei lalu, Samsung telah mempekerjakan pemimpin baru untuk mengepalai divisi desain.

Perusahaan asal Korea ini memang telah lama dihujani kritikan. Komentar paling deras datang terkait dengan desain Samsung yang dianggap tidak pernah berubah. Bahkan materi plastik yang digunakannya tidak sesuai dengan harga yang dibandrol.

Dengan bingkai metal ini, Samsung berharap Galaxy Alpha bisa membantu Samsung untuk menyiasati pangsa pasarnya yang semakin melemah. Perubahannya memang tidak begitu banyak. Selain bingkai metal, tidak ada lagi perubahan yang berarti. Bodi belakang pun masih plastik, tombol Home di sisi bawah bagian tengah dari smartphone itu pun masih di posisi yang sama. Khas Samsung.

“Secara keseluruhan, ini ponsel yang bagus. Walaupun saya masih kecewa dengan desainnya karena meski bingkainya metal tapi rasanya seperti plastik,” kata Direktur Riset Perangkat MObile IDC Eropa, Francisco Jeronimo, seperti dikutip dari PC World, Kamis 14 Agustus 2014.

Selain desain, Samsung juga berencana untuk membuat versi lain dari Galaxy Alpha. Smartphone ini akan dibuat dalam dua versi, ringan dan tipis. Beratnya hanya 115 gram dan ketebalannya hanya 6,7 milimeter.

Spesifikasi Galaxy Alpha

Smartphone Galaxy Alpha berbasis Android 4.4.4 dan dipersenjatai prosesor Exynos dengan empat Core ARM Cortex-A15 yang berjalan di 1,8GHz, ditambah empat core Cortex A7 di 1,3GHz. Layar Alpha berukuran 4,7 inci dan memiliki resolusi 1280×720 piksel.

Untuk kamera, terdapat dua perangkat tangkapan gambar yang disematkan di smartphone ini. kamera utama dilengkapi resolusi 12 megapiksel dan kamera sekunder yang terdapat di bodi depan beresolusi 2,1 megapiksel.

Ruang penyimpanannya didukung oleh RAM 2GB dan 32GB storage terintegrasi. Ukuran sebesar itu membuat Samsung tidak memberikan slot microSD di Alpha karena kapasitasnya dirasa sudah mencukupi.

Jaringan yang diusungnya pun berupa koneksi LTE dengan dukungan kecepatan download lebih dari 300 Mbps.

Sayangnya, banyak orang yang kecewa karena Samsung justru menurunkan spesifikasi kelas atas yang biasa disematkan di smartphone-smartphone buatannya. Dengan harga premium, Samsung justru memberikan smartphone dengan resolusi layar yang lebih rendah dan ukuran layar yang lebih kecil.

“Ini keterlaluan. Harusnya Samsung lebih memilih material-material dan spesifikasi high-end untuk ponsel yang dibandrol harga premium,” ujar Jeronimo.

Sebelumnya, perusahaan riset Fitch memprediksi penurunan pangsa pasar Samsung akan terus berlanjut hingga 2015 nanti. Samsung mengalami penurunan pangsa pasar sebesar 14 persen hingga 2015 nanti.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.