agenliga
/ Celebrity / Mengadu ke Komnas HAM Lagi, Ini Protes Raffi Ahmad

Mengadu ke Komnas HAM Lagi, Ini Protes Raffi Ahmad

admin on April 23, 2013 - 6:19 pm in Celebrity, Showbiz Artikel ini dibaca 1452 Kali
Mengadu ke Komnas HAM Lagi, Ini Protes Raffi Ahmad
Rate this post

Hotabis.com – Tim pengacara Raffi Ahmad kembali mendatangi Komnas HAM. Sang pembela merasa hak-hak Raffi telah dilanggar oleh BNN selama proses hukum hingga proses rehabilitasi.

Mereka pun menyampaikan butir-butir keberatan mereka. Di antaranya tim kuasa hukum Raffi merasa proses hukum yang menjerat kliennya berjalan lambat.

“Pertama mengenai proses hukum yang berlarut-larut. Sampai saat ini, berkas perkara Raffi masih P 19, sementara dia sudah tiga bulan di Lido dan tidak dilakukan rehab. Karena memang dari awal dia bukan pecandu narkotika. Tapi BNN tetap tempatkan di Lido tanpa ada kejelasan dan kepastian hukum sampai kapan,” papar Dion Y Pongkor, salah satu anggota tim pengacara Raffi saat ditemui di Kantor Komnas HAM di Jalan Latuharhari, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2013).

Selain itu mereka juga merasa perlakuan BNN terhadap Raffi dan tersangka narkoba lainnya berbeda. “Berikutnya, diskriminasi BNN terhadap kasus Raffi. Raffi dikatakan pengguna metilon tapi Raffi sebagai korban saat penangkapan dirilis hanya Raffi yang diumumkan secara lengkap, 16 lainnya hanya inisial,” lanjutnya.

Dion juga keberatan dengan proses rehabilitasi Raffi hingga kini. Sementara tersangka lainnya bebas melenggang dan hanya dikenai rawat jalan saja.

Ditambah menurutnya, BNN selama ini juga menghalangi Raffi untuk hadir di sidang gugatan praperadilan dan sidang kode etik dokter BNN. Menurut Dion, Raffi berhak untuk hadir dan menyampaikan keterangan dan pembelaannya.

“BNN beri keterangan MKDKI (Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia) tidak keberatan Raffi nggak hadir. Padahal ada panggilan kedua dan ada pernyataan MKDKI bahwa dia nggak keberatan. Orang yang dperiksa harus dilakukan pertanyataan oleh majelis, tapi nggak bisa karena BNN bersikukuh nggak hadirkan Raffi,” tutur Dion.

“Ini pelanggaran kedua atas Raffi yang ajukan upaya hukum. Karena itu kami minta ke Komnas HAM agar ini diperhatikan, karena banyak pelanggaran HAM yang dilakukan BNN ke Raffi. Berharap segera ditindaklanjuti agar masyarakat jelas,” sambungnya.

Pihak Komnas HAM sendiri menerima laporan tim kuasa hukum Raffi tersebut. Mereka pun siap menyelidiki laporan tim pengacara Raffi. Namun pihak Komnas mengatakan harus bertemu langsung dengan Raffi.

“Kita perlu tahu juga kondisi fisik yang bersangkutan, kita juga perlu bertemu dengan Raffi, nggak cukup dengan pengacaranya aja. Ini soal penyelidikan, kami harus bertemu langsung,” kata komisioner Komnas HAM, Otto Nur Abdullah.

0 POST COMMENT
Rate this article
Mengadu ke Komnas HAM Lagi, Ini Protes Raffi Ahmad
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: