Home Teknologi Berita IT Kini Hadir Kabel USB “Bolak-balik”

Kini Hadir Kabel USB “Bolak-balik”

84 views
0
Kini Hadir Kabel USB “Bolak-balik”
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Kabel dan perangkat USB hanya bisa ditancapkan dengan orientasi yang benar. Kalau “kepalanya” terbalik, bisa dipastikan kabel atau perangkat tidak mau tersambung ke konektor.

Nantinya hal tersebut boleh jadi hanya akan menjadi kenangan masa lalu karena USB Promoter Group selaku pembuat standar USB telah selesai mengembangkan konektor USB tipe baru yang bisa ditancapkan tanpa perlu mengikuti orientasi tertentu.

Menurut kabar yang dilansir oleh Extreme Tech, konektor USB bernama “Type-C” itu sudah selesai dikembangkan dan siap diproduksi masal. USB Type-C diperkirakan sudah akan mulai bermunculan dalam waktu beberapa waktu ke depan.

Di samping kepala konektor yang bisa “bolak-balik”, kabel USB Type-C juga akan memiliki konektor yang sama pada kedua ujungnya, sehingga mempermudah pemakaian.

Pengguna nantinya tak perlu lagi berurusan dengan dua ukuran konektor yang berbeda, seperti pada kabel USB yang ada sekarang. Adapun kepala konektor USB Type-C berukuran kurang lebih sama dengan konektor Micro-USB.

USB Type-C tidak kompatibel dengan standar USB sebelumnya, tapi sebuah adapter bisa digunakan untuk menyambung kabel atau perangkat USB Type-C ke konektor tipe lama.

Di samping koenktor yang lebih disederhanakan, USB Type C yang memiliki 18 pin kontak juga memiliki kecepatan transfer data sangat tinggi, mencapai 10 Gbps.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.