Home Lifestyle Kesehatan Kenali Tanda-Tanda Depresi dalam diri Anda

Kenali Tanda-Tanda Depresi dalam diri Anda

232 views
0
Kenali Tanda-Tanda Depresi dalam diri Anda
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Jika Anda adalah salah satu penyuka film Barat, maka Anda mungkin sudah tidak asing dengan Robin William, benar bukan? Pasti Anda juga pernah mendengar bahwa Robin William telah meninggal dunia karena bunuh diri. Banyak yang mengabarkan bahwa ia mengalami gangguan mental bipolar atau depresi sehingga memutuskan mengakhiri hidup.

Hal ini memang sangat mengejutkan, dan sayangnya banyak orang yang tidak tahu bahwa seseorang di dekat mereka sedang mengalami depresi. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengenali gejala-gejala depresi. Berdasarkan kutipan laman psychcentral.com, gejala depresi yang mudah dikenali antara lain adalah

1. Mood yang selalu tidak baik.

Hal ini bisa ditandai dengan kesedihan mendalam pada orang yang mengalami depresi. Ia selalu merasa sedih dan tidak bersemangat. Apa yang dilakukannya seakan selalu menjadi salahnya dan semua yang terjadi di sekitarnya tidak pernah menyenangkan.

2. Kurangnya minat terhadap berbagai hal

Seseorang dengan depresi, tidak memiliki minat untuk melakukan aktivitas. Ia cenderung berdiam diri saja di satu tempat dan bisa jadi menghabiskan waktu dengan melamun. Bahkan ia juga tidak berminat melakukan apa yang dia sukai sekali pun.

3. Perasaan tidak dicintai dan tidak berharga
Seseorang yang depresi pasti akan menganggap dirinya tidak baik dan tidak berharga. Meski pun banyak orang yang ada di sekitarnya, namun ia selalu merasa memiliki perasaan negatif dan tidak disukai oleh banyak orang.

4. Hilang konsentrasi dan fokus
Jika Anda mengalami depresi, selalu saja ada yang Anda pikirkan. Hal inilah yang kemudian membuat Anda jadi tidak fokus dan hilang konsentrasi. Anda mungkin juga tidak sedang memikirkan apa-apa, namun Anda terlihat terhenti melamun dan tidak memperhatikan orang lain.

5. Berkeinginan untuk mati
Inilah yang perlu Anda waspadai. Ketika depresi sudah parah, orang akan mengalami berbagai macam pikiran negatif dan memiliki keinginan mengakhiri hidup. Dia mungkin akan bilang, “Sebaiknya aku mati saja.” Dan kalimat tersebut harusnya sudah menjadi pertanda penting bahwa orang tersebut sedang mengalami depresi berat.

Tanda-tanda tersebut di atas sangat mudah dikenali dan jika Anda menemukan bahwa ada anggota keluarga atau teman yang mengalami hal ini, maka sebaiknya cepat ajak dia ke dokter ya Ladies.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.