Home News Berita Nasional Kembali Meningkatnya Aktivitas Gunung Slamet

Kembali Meningkatnya Aktivitas Gunung Slamet

1088
0
Kembali Meningkatnya Aktivitas Gunung Slamet
Rate this post

banner-raja

Hotabis.com – Meski status Gunung Slamet telah diturunkan dari siaga ke waspada sejak dua bulan terakhir, namun aktivitas Gunung Slamet dilihat dari lereng selatan, tepatnya di Kota Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, masih menunjukkan peningkatan.

Dalam beberapa hari terakhir, pada siang hari, peningkatan aktivitas Gunung Slamet terlihat dengan semburan asap hitam dari dalam kawah membumbung tinggi ke angkasa dengan intensitas setiap 5-10 menit.

Pada malam hari, jika cuaca cerah dapat terlihat lelehan lava pijar menyala keluar dari kawah Gunung Slamet di wilayah Kecamatan Kedung Banteng, Kecamatan Batu Raden, dan Kecamatan Sumbang mendengar suara gemuruh dari puncak Gunung Slamet.

Kukuh, warga yang melakukan camping di kawasan Gunung Cendana, lima kilometer dari puncak Gunung Slamet, mengatakan mendengar suara gemuruh tadi malam. Tetapi, dia dan teman-temannya tetap melakukan kamping di lereng selatan Gunung Slamet.

Simin, pencari rumput, mengatakan warga sudah terbiasa mendengar suara gemuruh dari Gunung Slamet. Namun, mereka yakin tidak akan terjadi apa-apa.

Hingga saat ini, meski terlihat ada peningkatan aktivitas Gunung Slamet beberapa hari terakhir ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi belum menaikkan statusnya.

Saat ini, status Gunung Slamet masih waspada. Meski demikian, terkait dengan peningkatan aktivitas telah dilakukan sejumlah informasi tentang titik berkumpulnya dan jalur evakuasi masih terpasang di sudut pemukiman warga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here