Home Otomotif Motor Jakarta Segera Punya Sirkuit Motor Taraf Internasional

Jakarta Segera Punya Sirkuit Motor Taraf Internasional

69 views
0
Jakarta Segera Punya Sirkuit Motor Taraf Internasional
Rate this post

banner-raja

Hotabis.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun sirkuit motor berstandar internasional di Jakarta. Bila rencana ini terwujud, maka bangunan tersebut akan menjadi sirkuit motor pertama di Jakarta.

Pembangunan sirkuit motor berstandari internasional ini diperkirakan akan menghabiskan biaya antara Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar. Biaya terbesar dihabiskan untuk membangun lintasan sirkuit motor.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) DKI Jakarta, Ratiyono mengatakan pembangunan sirkuit motor tersebut akan diserahkan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI yang bergerak dalam pembangunan properti aset Pemprov DKI.

“Nanti yang membangunnya PT Jakpro, karena BUMD ini ahli di bidang properti. Untuk anggaran, rencananya Pemprov DKI akan memberikan suntikan penyertaan modal pemerintah (PMP) kepada Jakpro,” kata Ratiyono di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (6/8).

Saat ini, Disorda DKI sedang melakukan survei lahan untuk pembangunan sirkuit. Jika sudah menemukan lahan yang tepat, maka akan dilakukan pengkajian kontur tanah, kedalaman, dan kualitas tanah tersebut. Lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan sirkuit seluas 15 hektare.

Meski belum mengetahui jadwal pasti dimulainya pembangunan sirkuit motor itu, Ratiyono optimis pembangunan sirkuit dapat rampung dalam delapan bulan.

“Membutuhkan waktu sekitar delapan bulan. Mulai dari survei lahan, penelitian, dan pengkajian dari konsultan ahli hingga pembangunan fisik,” ujarnya.

Dalam rencana pembangunan sirkuit motor ini, pihaknya mendapatkan saran dan masukan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Bahkan organisasi ini meminta desain sirkuit harus disesuaikan dengan standar internasional.

“Kami tidak mau main-main dalam membangun sirkuit ini. Kami mau bangun yang sekalian bagus seperti Finlandia dan Irlandia. Nantinya, kami ingin sirkuit ini tidak hanya untuk motor, tetapi juga bisa digunakan untuk mobil,” ungkap Ratiyono.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here