Home Teknologi Berita IT Intel Hadirkan Seri Prosesor Core M

Intel Hadirkan Seri Prosesor Core M

333 views
0
Rate this post
JUAL MOBIL BEKAS TANGERANG

Hotabis.com –  Pertama kali diungkapkan keberadaannya pada awal Juni lalu, seri prosesor mobile Core M akhirnya diluncurkan oleh Intel.

Core M adalah bagian dari keluarga prosesor baru bernama Broadwell yang diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 14 nm sehingga lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya, Haswell.

Terdapat dua model prosesor Core M yang diluncurkan oleh Intel, yaitu Core M 5Y10/ 5Y10a dengan kecepatan hingga 2 GHz dan Core M 5Y70 yang kinerjanya lebih tinggi dengan kecepatan 2,6 GHz.

Seebagaimana dikutip dari ZDNet, kedua model prosesor tersebut ditujukan untuk ketegori komputer portable “2-in-1”m atau tablet yang bisa berubah menjadi laptop dan sebaliknya.

Model-model komputer tersebut rencananya bakal mulai tersedia pada Oktober mendatang dari para pabrikan rekanan Intel seperti Lenovo, HP, Dell, dan Asus.

Teknologi manufaktur 14 nm “menciutkan” ukuran fisik prosesor Core M, hingga 50 persen lebih kecil dan 30 persen lebih tipis dibandingkan seri prosesor sebelumnya sehingga ukuran komputer yang memakai chip itu bisa turut dikecilkan.

Intel mengklaim bahwa komputer Core M bisa memiliki ketebalan hanya 9 mm, di samping tidak menggunakan kipas pendingin karena prosesor ini juga memiliki suhu operasi yang rendah.

Suhu rendah tersebut antara lain dimungkinkan oleh konsumsi daya Core M yang disebutkan hnya berkisar pada angka 4,5 watt, tak sampai setengah dari seri prosesor Haswell yang berkisar di 11,5 watt.

“Efek samping” dari konsumsi daya rendah adalalah peningkatan daya tahan baterai dari komputer yang menggunakan Core M, yakni hingga 20 persen lebih lama dibandingkan proudk-produk sejenis yang ada saat ini.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.