Home Teknologi Berita IT Ini Dia, Pemutar Musik Alternatif untuk Mac

Ini Dia, Pemutar Musik Alternatif untuk Mac

71 views
0
Ini Dia, Pemutar Musik Alternatif untuk Mac
Rate this post

banner-raja

Hotabis.com – Pada awalnya, iTunes adalah software pemutar dan manajemen musik pada komputer berbasis Mac OS. Namun, pada perkembangannya, Apple banyak menambahkan fitur baru sehingga aplikasi ini menjadi tak lagi fokus pada fungsi utama sebagai  music player.

iTunes kini juga  berperan sebagai software manajemen film, TV, buku digital, aplikasi untuk gadget Apple, podcast, sekaligus toko musik dan aplikasi. Proses update, backup, dan restore device iOS pun dijalankan lewat iTunes sehingga antarmuka software ini menjadi lamban dan membingungkan.

Karena aneka macam fungsinya itu, iTunes menjadi aplikasi yang wajib hadir untuk para pengguna Mac yang juga memiliki gadget mobile Apple. Namun, bagi pengguna yang sekedar ingin menikmati musik, terdapat sejumlah software lain yang lebih fokus pada fungsinya sebagai music player.

Nah, berikut ini daftar alternatif iTunes yang bisa dicoba, sebagaimana dirangkum dari MacWorld dan Mashable.

1. Ecoute
Ecoute dari PixiApps adalah standalone music player dengan antarmuka yang lebih sederhana dan “bersih” dibandingkan iTunes. Begitu di-install, Ecoute secara otomatis akan mendeteksi dan mensinkronkan diri dengan database iTunes yang sudah ada.

Aplikasi ini bisa menyortir musik berdasarkan nama lagu, penyanyi, album, komposer, genre, dan playlist. Ecoute juga menyediakan widget kecil di desktop yang muncul saat memutar lagu. Widget tersebut bisa digunakan untuk mengakses kontrol playback dengan mudah.
2. Fidelia
Nama Fidelia mengingatkan pada istilah audio high-fidelity. Demikian juga dengan tampilan antarmukanya yang dirancang agar mirip radio high-end. Software yang satu ini memang ditujukan bagi penggemar musik yang menginginkan audio berkualitas tinggi.

Fidelia pun mendukung aneka macam format audio seperti FLAC dan teknologi sample rate conversion dari iZotope. Aneka macam opsi plug-in serta fitur processing dan resampling turut disediakan.

Fidelia bisa dicoba gratis selama 15 hari. Setelah itu, pengguna harus membayar biaya sebesar 20 dollar AS.
3. Tomahawk
Tomahawk menyatukan semua koleksi musik di komputer dengan akun-akun layanan musik online yang dimiliki pengguna ke dalam satu kemasan. Layanan online yang didukung beraneka ragam, termasuk Soundcloud, Spotify (dengan akun premium), dan Last.fm.

Setelah semua sumber offline dan online telah sinkron, pengguna bisa langsung mencari sebuah lagu dari Tomahawk. Aplikasi ini secara otomatis akan memutar versi terbaik lagu tersebut dari semua sumber yang dimiliki pengguna.

Tomahawk untuk platform Mac OS X dan Windows bisa diunduh lewat tautan berikut.

4. Vox
Satu lagi pemutar musik yang fokus pada tugasnya sebagai player. Vox memiliki antarmuka sederhana yang mudah digunakan. Pengguna bisa memutar musik dari library iTunes, dari playlist Vox yang terpisah, atau bahkan dari radio.

Vox mendukung aneka ragam format audio, termasuk FLAC dan OGG yang tidak bisa diputar oleh iTunes. Aplikasi ini bisa ditemukan di Mac App Store.

5. DoubleTwist
DoubleTwist adalah salah satu music player terbaik di platform Android. Software yang mampu mensinkronkan library music antar perangkat melalui koneksi Wi-Fi ini juga tersedia untuk komputer berbasis Mac dan Windows.

Tampilan layout DoubleTwist mirip dengan iTunes, demikian pula dengan sebagian besar fungsinya, termasuk soal playlist dan album display.

Dalam beberapa aspek lain, DoubleTwist melebihi iTunes, misalnya soal kemampuan mengakses library iTunes sekaligus mengunduh konten dari Amazon MP3 dan Google Play.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here