agenliga
/ Berita IT / IBM Sedang Mengembangkan Chip Mirip Otak

IBM Sedang Mengembangkan Chip Mirip Otak

Nurman on August 12, 2014 - 12:45 pm in Berita IT Artikel ini dibaca 1050 Kali
IBM Sedang Mengembangkan Chip Mirip Otak
Rate this post

Hotabis.com – Terinspirasi dari arsitektur otak, ilmuwan IBM sedang mengembangkan chip yang berfungsi layaknya otak manusia. Dinamai TrueNorth.

TrueNorth mencoba meniru cara otak mengenali pola, mengandalkan web transistor padat yang saling terkoneksi, mirip dengan jaringan saraf otak. ‘Neuron’ yang terbuat dari chip elektronik ini dapat mengenali sinyal dari jenis data apapun. Mereka bekerja secara paralel, dimulai dengan mengorganisir data ke dalam pola yang terus berubah. Dengan demikian, prosesor akan mudah mengenali dan menerjemahkan data yang ditangkap.

Dilansir melalui New York Times, Senin 11 Agustus 2014, Chip ini terdiri dari 5,4 miliar transistor dengan konsumsi tenaga sebesar 70 miliwat. Sebagai perbandingan, prosesor Intel saat ini, yang terdapat pada data center dan komputer pribadi hanya memiliki 1,4 miliar transistor dan mengkonsumsi tenaga tidak kurang dari 35 sampai 140 watt.

Mikroprosesor konvensional dan prosesor grafis saat ini mampu mengerjakan miliaran kode matematika dalam hitungan detik. Sistem chip baru ini bisa memproses ribuan kali dalam sedetik namun karena banyaknya jumlah sirkuit yang bekerja secara paralel, chip itu mampu mengerjakan 46 miliar operasi dalam satu detik per watt energi yang dikonsumsi.

“TrueNorth memiliki jutaan ‘neuron’, sama kompleksnya dengan otak lebah. Ini peningkatan terbaru dalam dunia penelitian komputer, terkait dengan skalabilitas dan konsumsi tenaga rendah,” ujar Horst Simon, Deputy Director Lawrence Berkeley National Laboratory.

Pendekatan desain baru ini, yang merujuk pada sistem neuromorfik beragam atau komputasi kognitif, masih dalam tahap penelitian dan Chip IBM pun belum bisa dikomersilkan dalam waktu dekat. Desain ini menggunakan jaringan neural dalam komputasi.

Ide jaringan neural telah digunakan dalam memproses informasi oleh ilmuwan di tahun 1940, sebelum ditemukannya komputer modern. Hanya saja, baru-baru ini, komputasi telah berkembang dengan cepat dalam urusan kapasitas memori dan kecepatan memproses data. Jaringan neural terbukti ampuh untuk dijadikan alat komputasi.

Dalam beberapa tahun belakangan diketahui jika perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Microsoft dan Apple telah mengubah pola pengenalan data dengan jaringan neural. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan seperti pengenalan suara dan klasifikasi gambar.

“Chip TrueNorth mirip seperti transistor pertama. Butuh beberapa generasi sebelum chip itu mampu bersaing di pasar. Chip itu akan memiliki skala arsitektur yang bisa ditanam di ponsel, mirip dengan prosesor grafis (GPU),” kata Terrence J. Sejnowksi dari Computational Neurobiology Laboratory Salk Institute.

Penelitian IBM ini didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), turunan dari Pentagon, di bawah program penelitian yang dinamai Systems of Neuromorphic Adaptive Plastic Scalable Electronics, atau SyNapse.

0 POST COMMENT
Rate this article
IBM Sedang Mengembangkan Chip Mirip Otak
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: