agenliga
/ Mobil / Bio-Bus, Bus Pertama Menggunakan Bahan Bakar Kotoran Manusia

Bio-Bus, Bus Pertama Menggunakan Bahan Bakar Kotoran Manusia

Dodox Coolz on November 25, 2014 - 3:25 pm in Mobil, Otomotif Artikel ini dibaca 12622 Kali
Bio-Bus, Bus Pertama Menggunakan Bahan Bakar Kotoran Manusia
Rate this post

Hotabis.com – Untuk ukuran kemajuan inovasi, berita yang satu ini mungkin sedikit menjijikkan, tetapi dampaknya baik untuk lingkungan. Pada 20 November lalu, rombongan penumpang pertama telah menaiki Bio-Bus pertama di Inggris berbahan bakar biomethane (gas) hasil olahan limbah dan sampah makanan dari kotoran manusia.

Sebagai percontohan, satu unit Bio-Bus akan dioperasikan oleh Bath Bus Company selama empat pekan untuk melayani masyarakat dari bandara Bristol ke kota sejarah, Bath.

Bath Bus mengatakan, metode ini lebih ramah lingkungan, lebih “hijau” dari bus bermesin diesel. Dengan tangki berisi penuh, Bio-Bus berkapasitas 40 tempat duduk ini sanggup menempuh perjalanan sejauh 300 km.

Hingga sekarang, hanya ada satu sumber bahan bakar optimal, yakni berasal dari pabrik limbah yang dioperasikan oleh GENeco, anak perusahaan Wessex Water. Pekan lalu, GENeco menjadi perusahaan pertama di Inggris yang mulai menginjeksikan gas dari kotoran manusia ke jaringan gas nasional. Pada saat yang bersamaan, fasilitas isi ulang bahan bakar Bio-Bus juga diinstal.

“Melalui olahan sampah dan makanan yang tidak layak untuk manusia, kami dapat memproduksi cukup biomethane untuk menghasilkan suplai yang signifikan buat jaringan gas nasional yang mampu memberi tenaga pada 8.500 rumah, termasuk Bio-Bus,” kata GENeco General Manager Mohammed Saddiq dalam keterangan resminya.

Metode ini merupakan praktik memanfaatkan sumber bahan bakar alternatif, salah satu cara menghilangkan ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak tergantikan. Meski begitu, mengingat bahan bakar yang dipakai adalah kotoran manusia, belum ada keterangan soal bau yang dihasilkan.

0 POST COMMENT
Rate this article
Bio-Bus, Bus Pertama Menggunakan Bahan Bakar Kotoran Manusia
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: