Home Tekno Samsung Rajai Pasar HP di Indonesia pada Kuartal Ketiga 2023

Samsung Rajai Pasar HP di Indonesia pada Kuartal Ketiga 2023

90
0
Advertisement

Lembaga riset Counterpoint Research mengungkapkan Samsung merajai pasar smartphone di Indonesia pada kuartal ketiga 2023 dengan pangsa pasar 20 persen,turun 1 persen dari periode kuartal ketiga tahun 2022 (year on year), sebesar 21 persen.

“Samsung punya market share paling besar pada kuartal tiga ini,” kata Senior Analyst Counterpoint Research, Febriman Abdillah.

Peringkat kedua ada Oppo dengan pangsa pasar 18 persen. turun empat persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 22 persen. Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 18 persen, diikuti oleh vivo (16 persen), realme (10 persen), Infinix (10 persen), dan pabrikan HP lainnya (8 persen).

Kunci Sukses

Samsung sukses merajai pasar smartphone di Indonesia berkat penjualan yang kuat di segmen ponsel entry level (di bawah Rp3 juta) dan segmen mid range di rentang harga Rp3 juta hingga Rp6 juta. Segmen tersebut menyumbang sebagian besar total pengiriman triwulanan Samsung.

Sementara Oppo mengalami pertumbuhan pengiriman di segmen mid range seperti Reno8, Reno8 T, Reno10, dan A78. Xiaomi berada di peringkat ketiga berkat upaya mereka untuk memperkuat pasokan, distribusi, dan program penjualannya melalui promosi harga atau diskon.

Sementara itu, pertumbuhan realme didukung oleh segmen entry-level (di bawah Rp3 juta) seperti realme C30s, C53, C55. Sama seperti realme, pertumbuhan Infinix juga didorong oleh pengiriman ponsel pintar dengan harga di bawah Rp3 juta.

Infinix menjadi lebih populer karena spesifikasinya yang dinilai kompetitif dan memperkuat proposisinya sebagai “merek untuk anak muda”.

Secara keseluruhan, riset Counterpoint mengungkapkan pasar ponsel pintar di Indonesia mulai kembali bergairah, terlihat dengan meningkatnya angka pengiriman ponsel pintar di Indonesia sebesar 3 persen pada kuartal ketiga 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan itu didorong oleh banyaknya vendor yang merilis model ponsel pintar terbaru pada periode tersebut. Selain itu, masuknya musim liburan sekolah dan sejumlah musim promo belanja seperti 8.8 dan 9.9 juga menjadi faktor pendorong konsumen untuk membeli ponsel pintar.

pasang iklan

Leave a Reply