Home Otomotif Apakah Perlu Mengangkat wiper mobil saat parkir?

Apakah Perlu Mengangkat wiper mobil saat parkir?

41
0
Advertisement
Apartemen Bintaro Parkview

HOTABIS.COM – Mengangkat wiper mobil saat parkir masih menjadi perdebatan yang menarik perihal merawat kendaraan.

Ada anggapan kalau wiper diangkat, karet akan lebih awet karena tidak dalam posisi menekan kaca. Oleh karena itu, usia pakai wiper bisa lebih lama dibanding tidak diangkat.

Lalu sebenarnya apa perlu mengangkat wiper saat mobil parkir?

Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia Maria Kayla Augusta mengatakan, wiper tidak perlu diangkat saat mobil diparkir dengan catatan karet wiper yang terpasang sudah berkualitas.

Ia menjelaskan, umumnya karet wiper yang beredar di pasaran sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia agar tidak mudah mengeras atau getas.

“Tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil. Jadi tidak perlu lagi diangkat-angkat,” kata Kayla dalam agenda diskusi virtual, belum lama ini.

Kayla menjelaskan, ketika wiper diangkat ada risiko tersendiri yang bisa merusak komponennya. Misal, wiper tersenggol dan jatuh membentur kaca, hal ini yang bisa merusak per wiper serta kaca depan.

Selain itu, saat wiper diangkat, maka per wiper arm dalam posisi menegang, jadi komponennya bisa mudah rusak. Meski begitu, tetap upayakan untuk memarkir mobil di lokasi indoor, bukan di lahan terbuka demi usia pakai wiper yang lama.

Tidak lupa pilih karet wiper dengan kualitas yang baik. Segera ganti karet tersebut jika dirasa sudah mulai mengeras demi efektifitas kerja wiper menyapu permukaan kaca dengan baik.

pasang iklan
SOURCEMSN News

Leave a Reply