Home Otomotif Persiapan Berkendara Hadapi Musim Hujan

Persiapan Berkendara Hadapi Musim Hujan

40
0

Hotabis.com – Kondisi cuaca di beberapa wilayah, termasuk di DKI Jakarta, mulai tak menentu. Kadang cerah, namun ketika mendekati malam, hujan turun dengan deras. Sebagai pemilik mobil yang mau bepergian, ada beberapa hal yang harus disiapkan, baik dari sisi kendaraan, maupun pengemudinya.

Menurut Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, untuk teknis kendaraan, pemilik mobil wajib perhatikan keausan telapak ban mobil. Masih dalam atau tidaknya alur ban bisa dilihat melalui Tread Wear Indicator (TWI). Jika alur telapak ban sudah mengenai TWI, akan menyulitkan ketika mengemudi di jalan licin.

Pemeriksaan kendaraan menghadapi musim hujan(DOK. TOYOTA INDONESIA) Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email “Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standar sehingga mobil dapat dikemudikan dengan baik di berbagai kondisi jalan,” ucapnya Sabtu (2/10/2021). Kemudian, pastikan rem berfungsi dengan baik, cek kampas rem dan lihat berapa isi minyak rem di dalam tabung. Jangan lupa melihat bagian kolong dekat ban, apakah ada saluran rem yang menetes atau bocor. “Sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik beroperasi waktu hujan. Cek kondisi aki mobil dan pengisian alternator untuk menjaga kinerjanya,” kata dia.

Wiper mempunyai peran sangat penting ketika hujan turun, karean itu pastikan dalam kondisi baik, termasuk washer pembersih kaca, serta gagang dan motor penggeraknya. Mobil seperti Sienta dan Yaris juga wajib mengecek wiper belakang. Periksa air pembersih kaca, jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor.

Demikian juga untuk penerangan, mulai dari lampu utama, sein, fog lamp, hingga lampu belakang guna memastikan tidak ada yang mati. Pastikan AC berfungsi baik dan dingin karena jika tidak, akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu daya pandang pengemudi.

Previous articleIni dia 5 Kegiatan skala besar yang diperbolehkan di masa PPKM 5-18 Oktober 2021
Next articleTerkuak Wujud Toyota Avanza Generasi Baru, Mirip Raize

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here