Home News Internasional AstraZeneca Temukan Obat Antibodi Cegah Covid-19, Apa Bedanya dengan Vaksin?

AstraZeneca Temukan Obat Antibodi Cegah Covid-19, Apa Bedanya dengan Vaksin?

83
0

HOTABIS.COM – Produsen vaksin Covid-19 AstraZeneca mengumumkan kabar baik. AstraZeneca meminta lembaga pengawas obat dan makanan AS atau FDA untuk memberikan otorisasi penggunaan darurat obat terapi antibodi yang diklaim efektif mencegah virus corona.

Produsen obat asal Inggris itu telah memasukkan data dari uji coba tahap akhir lebih dari 5.000 peserta. Hasilnya menunjukkan obat itu efektif mengembangkan antibodi untuk melawan gejala Covid-19 sebesar 77 persen.

Menurut AstraZeneca, terapi antibodi yang disebut AZD7442 itu dapat membantu melindungi orang yang mungkin tidak memiliki respons imun yang cukup kuat terhadap vaksin Covid-19. Sementara vaksin mengandalkan sistem kekebalan aktif untuk mengembangkan gudang antibodi yang ditargetkan dan sel penangkal infeksi, AZD7442 mengandung antibodi buatan laboratorium yang dirancang untuk bertahan di dalam tubuh selama berbulan-bulan untuk menahan virus jika terjadi infeksi.

Bila FDA setuju memberikan otoritas penggunaan darurat terhadap obat terapi Covid-19, ini adalah kemenangan besar bagi AstraZeneca. Hingga kini vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca belum disetujui untuk digunakan di Amerika Serikat.

Sebelumnya AstraZeneca telah membuat vaksin, bekerja sama dengan Universitas Oxford. Vaksin tersebut sudah digunakan di banyak negara di dunia termasuk Indonesia.

REUTERS

Previous articleStaycation di Hotel Mercure BSD City
Next articleSpesifikasi Komplit Toyota Fortuner GR Sport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here