Home News Berita Nasional 15 Anggota FPI Jabar Jadi Tersangka, Ahok: Terbukti Ada yang Bayar

15 Anggota FPI Jabar Jadi Tersangka, Ahok: Terbukti Ada yang Bayar

64 views
0
15 Anggota FPI Jabar Jadi Tersangka, Ahok: Terbukti Ada yang Bayar
Rate this post

banner-raja

Hotabis.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yakin ada pihak yang menunggangi demo Front Pembela Islam (FPI) yang berakhir ricuh pada akhir pekan lalu. Salah satu buktinya, mayoritas anggota FPI yang sudah ditetapkan sebagai tersangka, justru berasal dari Jawa Barat.

“Makanya, itu terbukti (ada yang menunggangi). Pasti ada yang bayarin, makanya mereka datang,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (6/10/2014).

Ahok tidak mau menduga-duga siapa donatur demo tersebut. Dia menyerahkan sepenuhnya urusan penanganan kasus ini kepada kepolisian.

“Aku nggak tahu (siapa yang berkepentingan). Nanti suruh polisi lah yang melacaknya,” ujarnya.

Mantan politisi Gerindra ini menegaskan tak ada pihak dari Pemprov DKI yang memprovokasi FPI saat demo Jumat (3/10) lalu. Menurutnya, ormas Islam itu memang sudah merencanakan perbuatan anarkis tersebut.

“Apanya yang diprovokasi. Mereka mau demo (rusuh) kok. buktinya apa, itu batu ada nggak di Kebun Sirih? kotoran sapi ada nggak? Berarti memang sudah disiapin kan. Nanti ngomong sama polisi deh,” selorohnya.

Polisi mengamankan 21 orang yang diduga jadi provokator massa untuk menolak Ahok jadi gubernur. Tetapi, dari jumlah itu, sebanyak 15 orang ternyata bukan warga Jakarta tapi datang dari Bandung, Bekasi, Bogor bahkan Tasikmalaya.

“Sebagian besar para tersangka memang ada yang datang dari Jawa Barat. Bagaimana mereka bisa datang dari Jawa Barat? Kita sudah dalami, bahwa mereka menerima broadcast dari sumber yang sedang kita teliti,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Heru Pranoto, Sabtu (4/10.

Yang terbaru, Habib Novel Bamukmin salah satu penanggungjawab unjuk rasa sudah ditetapkan sebagai tersangka. Namun keberadaan Novel masih terus dicari.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here