agenliga
/ Berita Internasional / Usai Bertugas di Stasiun Luar Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi

Usai Bertugas di Stasiun Luar Angkasa, 3 Astronot Kembali ke Bumi

Citrix-NASA-floating-astronaut
admin on March 16, 2013 - 7:25 pm in Berita Internasional, News Artikel ini dibaca 877 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Tiga astronot yang bertugas selama beberapa bulan terakhir di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), akhirnya kembali ke bumi dengan selamat. Pesawat kapsul buatan Rusia yang mereka tumpangi berhasil mendarat mulus di wilayah Kazakhstan yang bersalju, setelah sempat mengalami penundaan karena cuaca buruk.

“Terjadi pendaratan!” demikian bunyi pesan dari pusat kendali misi luar angkasa Rusia seperti ditransmisikan kepada Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan dilansir AFP, Sabtu (16/3/2013).

Tim penyelamat segera bergegas ke lokasi pendaratan pesawat kapsul yang membawa 3 astronot, yakni astronot asal Amerika Kevin Ford dan dua teknisi penerbangan asal Rusia, Oleg Novitskiy dan Evgeny Tarelkin. Pendaratan ini terjadi pada Sabtu (16/3) dini hari waktu setempat.

“Awak pesawat merasa normal setelah melalui pendaratan, mood mereka dalam kondisi baik,” ujar komentator pusat kendali misi luar angkasa Rusia, yang dikutip oleh media setempat.

Pendaratan pesawat kapsul Soyuz ini sempat mundur dari jadwal yang telah ditetapkan akibat cuaca buruk. Namun helikopter penyelamat terus-menerus melakukan pemeriksaan cuaca demi memungkinkan dilakukannya pendaratan.

Hingga akhirnya, kapsul Soyuz berhasil mendarat tegak di wilayah padang rumput yang dipenuhi salju di Kazakhstan. Tim penyelamat bergegas membuka pintu kapsul dan menarik keluar 3 astronot yang ada di dalamnya.

Sebagai ungkapan kegembiraannya, kosmonot Rusia Evgeny Tarelkin sempat mengepalkan tangannya ke udara ketika pertama memijakkan kaki di bumi. Ketiganya kemudian dievakuasi untuk diperiksa kesehatannya.

Dengan kembalinya seorang astronot AS dan dua kosmonot Rusia tersebut, kini di ISS hanya tersisa 3 astronot yang masih bertugas. Mereka adalah astronot Kanada Chris Hadfield, astronot AS Thomas Marshburn dan kosmonot Rusia Roman Romanenko. Ketiganya akan bertugas di ISS hingga Mei 2013 mendatang.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: