agenliga
/ Food / Tips Membuat Ayam Bakar Yang Maknyuss

Tips Membuat Ayam Bakar Yang Maknyuss

Ayam Bakar Manis
admin on June 28, 2013 - 9:06 pm in Food Artikel ini dibaca 1027 Kali
Rate this post

Hotabis.com – AYAM yang dibakar di atas arang ataupun grill gass selalu lebih lezat dibandingkan dengan oven atau microwave. Selain rasa, aromanya juga lebih lezat. Untuk mendapatkan dengan rasa terbaik, lakukan cara yang tepat.

Berikut cara terbaik memanggang (dengan gass grill) ataupun membakar (dengan arang) ayam untuk mendapatkan rasa yang lezat, seperti diulas Sheknows:

Memilih dan mempersiapkan daging
Ayam barbeque dapat dibuat dari kaki ayam, paha, dada, atau bahkan ayam utuh. Bagi yang menginginkan ayam dengan daging lebih banyak dan rendah lemak, gunakan bagian dada ayam.

Jika Anda sedang mengontrol berat badan, maka daging ayam termasuk pilihan baik dibandingkan daging lainnya. Pastikan memangkas lemaknya sebelum dipanggang.

Bumbui ayam
Untuk menjadikan ayam terasa lebih berbeda dan kuat, olesi sedikit bumbu kering ke daging sebelum memanggangnya. Gunakan bumbu sederhana dari campuran garam, merica, paprika, bubuk bawang putih, cabe rawit, dan oregano.

Mengatur suhu yang tepat
Suhu ideal menjadi kunci mendapatkan ayam panggang terbaik saat dimasak. Jika Anda menggunakan gas grill, nyalakan semua burner (pembakar) dengan suhu tinggi hingga panggangan panas sepenuhnya.

Matikan salah satu burner, lalu letakkan ayam di atasnya. Cara ini dikenal sebagai memanggang tidak langsung, yakni menempatkan daging langsung pada burner yang panas.

Jika Anda menggunakan arang, letakkan briket arang di satu sisi panggangan dan menempatkan ayam di sisi lain saat memanggangnya. Anda harus memiliki kesabaran pada saat memanggaang ayam dengan metode “lambat” ini demi mendapatkan ayam panggang dengan rasa terbaik.

Letakkan daging ayam dengan potongan terbesar paling dekat dengan sumber api, tetapi tidak tepat di atasnya. Pasalnya, ayam dengan ukuran yang lebih besar akan lebih lambat matang.

Memanggang ayam
Panggang ayam secara perlahan dengan waktu sekira 1 hingga 2 jam dan suhu internal harus 75 derajat Celsius. Balik ayam setiap 15 menit, yakni saat bagian ayam yang di bawah menjadi kecokelatan dan lebih mengencang.

Cobalah untuk tidak membuka panggang jika Anda menggunakan gas grill setiap 15 menit sekali. Jika ayam telah kecoklatan namun belum mengeras, kecilkan api.

Tambahkan saus
Tambahkan saus barbeque pada ayam sekitar 5 menit sebelum matang, agar saus tidak gosong. Tuangkan saus pada ayam lalu tutup dan biarkan terus memasak selama beberapa menit.

Setelah beberapa menit, balik ayam dan tuang saus lagi di atasnya dan tutup kembali, biarkan terus memasak. Hasilnya, ayam terasa lezat dengan lapisan saus barbeque yang tebal.

Setelah ayam matang, biarkan selama 5-10 menit sebelum diiris agar jus menyebar ke dalam daging sehingga rasanya lebih lezat lagi.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: