agenliga
/ Karier / Tips Aman Kuliah Diluar Negri

Tips Aman Kuliah Diluar Negri

kuliah
Dodox Coolz on February 25, 2014 - 8:55 am in Karier, Lifestyle Artikel ini dibaca 819 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Kuliah di negara asing bisa menjadi hal yang menakutkan, terutama bagi kita yang enggak pernah meninggalkan kampung halaman. Selain mempersiapkan logistik selama merantau di negeri orang, langkah utama dalam rencana kuliah di luar negeri adalah mendapat visa dan mempersiapkan diri menjalani perjalanan panjang.

Nah, jika kamu berencana kuliah ke luar negeri dalam waktu dekat, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Visa
Proses mendapatkan visa bisa menjadi sesuatu yang mudah atau sulit, tergantung negara tujuanmu. Kebanyakan negara mengharuskan kita datang untuk sesi wawancara, sementara negara lainnya membuka program pembuatan visa secara online. Pastikan kamu memiliki paspor yang masih berlaku dan selalu cek semua informasi yang kamu butuhkan. Sebab, kesalahan sekecil apa pun bisa menjadi masalah besar ketika bepergian. Demikian disitat dari Huffington Post, Selasa (25/2/2014).

Terbang jauh
Jika kuliah di benua lain, sudah pasti kita akan menjalani penerbangan belasan hingga puluhan jam. Huh, membayangkannya saja sudah bosan. Untuk membunuh waktu, bawa buku yang asyik untuk dibaca, koleksi lagu favorit, game portable, laptop, air minum dan kudapan. Kamu bisa juga membawa peta, jaga-jaga agar tidak tersesat di negara tujuan. Jangan lupa, kenakan pakaian yang nyaman dan sesuai kultur negara yang akan kamu datangi.

Cari teman
Bertemanlah dengan sesama penumpang di pesawat. Siapa tahu, ada orang yang akan pergi ke arah yang sama denganmu sehingga kamu bisa nebeng. Atau kamu bisa jadi bertemu sesama mahasiswa baru yang juga asing dengan negara tujuan. Mungkin saja dia akan menjadi sahabat terbaikmu di masa-masa mendatang. Bagaimanapun juga, memiliki teman ketika bepergian akan lebih menyenangkan ketimbang pergi sendiri, kan?

Tenang
Ketika turun dari pesawat, ambil waktu sejenak untuk bernapas dan mencari tahu ke mana arah tujuanmu. Jangan benar-benar buta, ya!

Pastikan kamu memegang uang, tetapi tetap simpan di tempat aman. Jadilah pejalan kaki yang cerdas. Nikmati perjalanan dengan berbagai moda transportasi umum. Perhatikan berbagai hal yang kamu lihat dan jumpai.

Berpetualang
Ketika sudah sampai tujuan, jangan berdiam diri. Ayo keluar dan berpetualanglah! Eksplorasi dunia di sekitarmu.

Tetapi, jangan lupa kabari keluarga di rumah dan pacar di kampung halaman lebih dulu bahwa kamu selamat sampai tujuan. Bersenang-senanglah di kota baru sebelum kamu memulai keseruan dan kesibukan semester baru.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: