agenliga
/ Bola / Timnas U-19 Jalani TC Jangka Panjang, PSSI Minta Klub Lepas Pemain

Timnas U-19 Jalani TC Jangka Panjang, PSSI Minta Klub Lepas Pemain

timnas-u-19-foto-merdeka
Dodox Coolz on October 25, 2013 - 12:03 am in Bola, Sports Artikel ini dibaca 982 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Tim nasional Indonesia U-19 akan menggelar training camp (TC) jangka panjang menyambut Piala Asia 2014. PSSI pun meminta klub-klub asal penggawa timnas agar mau melepas para pemain.

TC timnas U-19 itu akan dimulai pada 9 November mendatang, dan akan selesai di bulan Oktober tahun depan. Meski tanggalnya sudah ditentukan, tempat untuk menggelar latihan jangka panjang itu belum ditentukan.

Agar TC itu berjalan tanpa hambatan, PSSI pun meminta agar klub-klub mau melepas pemain ke timnas untuk menjalani latihan jangka panjang. Memang, beberapa penggawa timnas U-19 memang sudah terikat dengan klub.

Sebagai contoh, Evan Dimas Darmono merupakan pemain Persebaya 1927, Zulfiandi memperkuat PSSB Bireuen, sementara Muchlis Hadi Ning Syaifulloh berasal dari Persekap Pasuruan.

“Kami dari PSSI harus bisa memastikan bahwa pemain bisa memenuhi panggilan. PSSI akan mengatur dan menggunakan wewenang ini. Karena hal ini dilakukan untuk memastikan pemain dilepas klub,” ujar Sekjen PSSI Joko Driyono, di bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis (24/10).

Meski demikian, Joko juga menyadari bahwa PSSI tidak bisa memaksa andai akhirnya para pemain yang dipanggil itu lebih memilih bertahan bersama klub.

“Kami tidak bisa menghalangi mereka. Karena bagaimana pun masa depan pemain itu ya di klub. Soal status pemain, PSSI bukanlah insitusi yang memiliki pemain. Pemain tidak terikat dengan timnas. Tapi, tadi dukungan agar PSSI bisa memproteksi program dan memastikan pemain memenuhi panggilan,” tutur Joko.

Pelatih timnas U-19 Indra Sjafri pun menyetujui pernyataan PSSI soal kemungkinan adanya pemain yang lebih memilih untuk tinggal bersama klub. Namun, dia menegaskan bahwa para penggawa timnas memiliki komitmen yang sama, yakni lolos ke Piala Dunia U-20.

“Kami telah berdiskusi. Ada masukan untuk perlu dipertimbangkan. Apa yang disampaikan PSSI bahwa pemain bukan punya timnas. Tetapi punya klub. Namun bagaimana program ini berjalan lancar, klub mau memberikan pemainnya,” terang Indra.

“Timnas U-19 tidak semuanya punya klub. Jika pemain yang belum dan mau mau mencari klub. Saya sebagai pelatih tidak punya hak melarang mereka. Tapi kami sepakat punya langkah sekali lagi ke Piala Dunia U-20. Semua bisa dilaksanakan jika punya satu komitmen.”

“Saya sudah katakan pilih lolos ke Piala Dunia atau fokus memikirkan klub. Alhamdulilah kami sudah berkomitmen,” tutup pelatih berkumis itu.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: