agenliga
/ Berita IT / Tablet Pendeteksi Gegar Otak

Tablet Pendeteksi Gegar Otak

Tablet
admin on April 2, 2013 - 4:58 pm in Berita IT, Teknologi Artikel ini dibaca 773 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Gegar otak harus dideteksi dini setelah benturan terjadi, namun sulit rasanya mengetahui seseorang mengalami gegar otak tanpa membawanya ke rumah sakit. Itulah alasannya mengapa pakar Universitas Notre Dame dari Indiana mengembangkan tablet yang dapat mendeteksi tingkat gegar otak seketika (on the spot) melalui analisa suara.

Mirip seperti perangkat test olahraga lain, atlet yang diuji diminta menyebutkan sejumlah kata sebelum berolah raga dan mengulangnya kembali setelahnya. Jadi, perangkat ini akan menganalisa perbedaan suara dari dua keadaan yaitu sebelum dan sesudah berolah raga. Dari analisa tersebut dapat dilihat ‘traumatic brain injury’ (cedera trauma pada otak) yang meliputi kesengauan suara, penyimpangan vokal dan penyimpangan konsonan.

Menurut pihak Universitas Notre Dame, penggunaan tablet tidak hanya membuatnya portable dibanding mesin X-ray tetapi juga lebih akurat. Selain itu, atlet tidak dapat berpura-pura terlihat sehat agar tetap dapat meneruskan pertandingan. University of Pennsylvania School of Medicine yang juga mengembangkan alat serupa menambahkan pengujian pada atlet dengan keharusan membaca dan merespon setiap angka yang ditampilkan pada kartu khusus.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: