agenliga
/ Berita IT / Rencana Brilian Pemerintah, Beli Smartphone Kena Pajak 10 – 200%

Rencana Brilian Pemerintah, Beli Smartphone Kena Pajak 10 – 200%

Talk-phone-desktop-sms-call-notifications1
Dodox Coolz on September 4, 2013 - 11:23 am in Berita IT, Teknologi Artikel ini dibaca 887 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Pemerintah berencana untuk mengenakan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk smartphone. Seksi Hubungan Eksternal Direktorat Jenderal Pajak Chandra Budi mengatakan, aturan itu masih dikaji.

“Harga dan spesifikasi smartphone beragam, dan saat ini masih dikaji pemerintah,” terang Chandra, Rabu (4/9/2013).

Smartphone dengan kategori tertentu, lanjut Chandra, bisa masuk dalam kategori barang mewah, yang didasarkan pada besaran harga dan spesifikasi.

Berdasarkan Undang-Undang PPn, Chandra mejelaskan, barang yang dikategorikan sebagai barang mewah ialah barang yang bukan bahan pokok, dikonsumsi oleh masyarakat dengan penghasilan tertentu, dan barang dibeli untuk menunjukkan status sosial.

Aturan penetapan smartphone sebagai barang mewah akan diterapkan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP). Sama seperti PP 145 tahun 2000 dan mulai aktif diterapkan sejak 2001, mengenakan tarif sebesar 20 persen untuk ponsel.

“Dulu, hanya orang-orang terntetu yang menggunakan ponsel, namun seiring berjalannya waktu ponsel menjadi kebutuhan pokok dan sekitar tahun 2009, penerapan PPnBM untuk ponsel sudah tidak efektif. Sekarang bergeser smartphone yang bisa dikenakan PPnBM, “paparnya.

“PPnBM smartphone juga bisa mengerem produk-produk impor, di mana saat ini pemerintah berusaha memperbaiki kondisi neraca perdagangan,” sambung Chandra. Berdasarkan Pasal 8 UU no 42 tahun 2009, tarif PPnBM ditetapkan paling rendah 10 persen, paling tinggi 200 persen.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: