agenliga
/ Berita Nasional / PPP minta PT KAI tunda penghapusan KRL Ekonomi

PPP minta PT KAI tunda penghapusan KRL Ekonomi

KRL ekonomi AC Penuh
admin on March 26, 2013 - 11:43 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 1366 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Anggota Fraksi PPP Usman Ja’far meminta agar rencana penghapusan KRL Ekonomi Jurusan Serpong dan Bekasi oleh PT KAI sebaiknya ditunda terlebih dahulu. Sebab, melihat reaksi masyarakat atas rencana ini membuktikan PT KAI belum sepenuhnya memberi penjelasan secara terang kepada publik.

“Ada komunikasi yang tidak berjalan dengan baik yang dilakukan oleh PT KAI,” ujar Usman, Selasa (26/3).

Selain itu, jika melihat proses pembahasan di Komisi V DPR RI dengan pemerintah dan PT KAI, rencana penggantian KRL Ekonomi dengan KRL AC Ekonomi ini masih belum matang, baik perencanaan maupun antisipasi atas dampak penerapan kebijakan tersebut.

Jika merujuk penjelasan PT KAI tidak ada penghapusan KRL Ekonomi, namun yang ada penggantian gerbong ekonomi non AC menjadi gerbong ekonomi AC secara bertahap. Langkah ini ditujukan untuk peningkatan layanan transportasi yang layak di wilayah Ibukota Jakarta.

“Dalam rapat kerja dengan Ditjen Perkeretaapian dan Dirut PT KAI belum lama ini, juga diwacanakan soal keringanan tiket kereta bagi warga miskin dengan menunjukkan kartu miskin,” lanjut dia.

Menurut anggota Komisi V DPR RI itu formula dan opsi kebijakan penghapusan KRL ekonomi ini sebaiknya dimatangkan terlebih dahulu kemudian disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Situasi yang terjadi saat ini, menjadi bukti PT KAI belum siap menerapkan penghapusan KRL Ekonomi.

“Di antaranya reaksi publik yang cenderung menolak serta belum adanya solusi bagi penumpang dari golongan miskin atas rencana penghapusan KRL Ekonomi ini,” pungkas Usman.

Pengguna KRL ekonomi menjerit karena beban yang harus mereka tanggung. Saat ini tarif KRL ekonomi berkisar antara Rp 1.500-2.000, sementara KRL AC mencapai Rp 8.500-9.000.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: