agenliga
/ Berita Nasional / Penjelasan PVMBG terkait Gempa di Kebumen

Penjelasan PVMBG terkait Gempa di Kebumen

sBx0hUV9WX
Dodox Coolz on January 26, 2014 - 12:29 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 642 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Gempa yang terjadi di Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu 25 Januari 2014 pukul 12.14 WIB dirasakan hingga Bandung, bahkan Jakarta. Bagaimana analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) terkait gempa yang merusak puluhan rumah tersebut?

“Gempa tektonik tadi disebabkan oleh kegiatan tumbukan antarlempeng atau subduksi antara-Lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia,” jelas Kepala Sub Bidang Pengamatan Gempa Bumi dan Gerakan Tanah, Gede Suantika kepada Okezone, Sabtu 25 Januari 2014 malam.

Dilihat dari skalanya, kata dia, guncangan gempa sebenarnya tidak terlalu besar, yakni di kisaran 6 sampai 6.5 Skala Richter. Meski demikian, gempa tersebut cukup menimbulkan kerusakan di sejumlah daerah, terutama yang terdekat dengan pusat gempa.

“Guncangannya tidak begitu besar, mungkin (penyebab kerusakan) karena kualitas bangunan yang tidak memenuhi syarat. Jadi gampang ambruk,” jelasnya.

Lebih jauh ia menambahkan, tumbukan antarlempeng tersebut kemungkinan membuat patahan dari Bumiayu ke Cilacap mengalami pelurusan.

Gempa seperti itu, lanjut dia, biasanya diikuti dengan gempa susulan. “Biasanya selalu ada gempa susulan, tapi lebih kecil,” ungkapnya.

Perkiraannya, gempa berada di kisaran 4 Skala Richter (SR). “Mungkin 4,3, 4,5, 4,7 (SR),” bebernya.

Gede menambahkan, dalam mengukur gempa, PVMBG mengacu pada dua data, yakni Badan Meteorologi Klinatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Geologi Amerika Serikat (USGS). BMKG hari ini merilis gempa berkekuatan 6,5 SR yang berpusat di 104 kilometer barat daya Kebumen dengan kedalaman 48 kilometer.

Sedangkan USGS merilis gempa berskala 6,1 SR. Pusat gempa berada di 39 kilometer Adipala (Cilacap) dengan kedalaman 83,2 kilometer.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: