agenliga
/ Berita IT / Pencipta PC Pertama IBM Meninggal Dunia

Pencipta PC Pertama IBM Meninggal Dunia

1959547billowe780x390
Dodox Coolz on October 30, 2013 - 9:38 am in Berita IT, Teknologi Artikel ini dibaca 1049 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Seseorang yang memiliki peran penting dalam industri komputer pribadi (personal computer/PC) di dunia, William C Lowe, meninggal dunia pada 19 Oktober 2013 lalu di Lake Forest, Illinois, Amerika Serikat, pada usia 72 tahun. Dia adalah penanggung jawab penciptaan komputer pribadi di perusahaan IBM.

Putrinya yang bernama Michelle Marshal mengatakan bahwa Lowe meninggal karena serangan jantung.

Lowe bergabung di IBM sejak 1962 sebagai insinyur tes produk. Pada 1980 silam, ia mengajukan saran ke perusahaan untuk membentuk tim yang bakal menciptakan sebuah PC dalam waktu setahun. Ia ingin PC itu memakai perangkat lunak buatan perusahaan lain.

Apple dan perusahaan teknologi lain sebelumnya telah menjual PC selama beberapa tahun sebelum IBM masuk ke bisnis tersebut pada akhir 1970-an. Kala itu IBM sudah mendominasi bisnis komputer untuk kalangan perusahaan dan pemerintahan, tetapi masih menggunakan perangkat lunak buatan IBM sendiri.

“Dua dekade sebelumnya, mesin komputer IBM masih dijual dengan harga 9 juta dollar AS dan membutuhkan ruangan sebesar seperempat hektar yang dilengkapi dengan pendingin ruangan serta 60 orang staf yang bekerja sesuai petunjuk,” demikian sejarah komputer IBM seperti tertulis di situs web resminya.

Setahun kemudian, Lowe dan tim memenuhi janji untuk membuat PC. PC itu diperkenalkan dengan nama IBM Personal Computer atau dikenal dengan kode nama 5150. Prosesornya menggunakan Intel 8088 dan dihargai 1.565 dollar AS, belum termasuk monitor.

Perangkat lunak yang digunakan IBM Personal Computer kala itu adalah MS-DOS 1.0 yang dibuat oleh sebuah perusahaan kecil bernama Microsoft yang berbasis di Washington State.

“PC IBM yang terbaru dapat memproses informasi lebih cepat dibandingkan mesin sebelumnya, selain itu bisa juga terhubung ke televisi rumah, bermain game, dan sebagainya,” tulis IBM.

Meskipun terlambat masuk dalam bisnis PC, IBM dapat meraih sukses secara perlahan tapi pasti. Mulai dari sinilah nama Microsoft ikut tersohor.

Empat tahun setelah memperkenalkan IBM Personal Computer, kolaborasi menjadi hal umum dalam industri komputer. IBM dan Microsoft sepakat untuk mengembangkan perangkat lunak yang tidak lagi eksklusif untuk mesin komputer IBM.

“Kami berkomitmen untuk konsep arsitektur terbuka, dan kami menyadari pentingnya arsitektur terbuka kepada pelanggan kami,” kata Lowe saat mengumumkan kolaborasi pada tahun 1985.

Semangat kolaborasi IBM itu memberi konsekuensi yang kurang mengenakan bagi IBM. Produsen komputer lain seperti Compaq dan Dell kemudian juga membuat PC, yang lebih baik dan dijual dengan harga lebih murah dibandingkan produk IBM.

Lowe coba melawan sejumlah pesaingnya dengan mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak baru. Untuk sementara, ia memberi dukungan kepada perusahaan NeXT yang didirikan pada 1985. NeXT adalah perusahaan yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs, setelah ia dipaksa mundur dari posisi CEO di Apple pada 1985.

Pada 1988, dua tahun setelah menjabat sebagai Wakil Presiden IBM, Lowe memutuskan hengkang dari IBM. Ia mengambil pekerjaan di Xerox untuk memperluas lini bisnis di luar mesin fotokopi. “Saya merasa masih punya landasan di sana (IBM), tetapi ini tampak seperti sebuah kesempatan besar,” kata Lowe saat berbicara dari kantor barunya di Xerox.

Lowe lahir pada 15 Januari 1941 di Easton, Pennsylvania, Amerika Serikat. Semasa muda ia mendapat beasiswa basket dari Lafayette College di Easton, dan lulus dengan gelar sarjana fisika. Dalam keluarganya, Lowe adalah orang pertama yang lulus dari perguruan tinggi.

Lowe meninggalkan seorang istri, Cristina, lima anak, dan 10 cucu.

1 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

1 Comments
  • November 7, 2013

    sejarawan sejati

    alhiratechnologies.com
    Reply
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: