agenliga
/ Berita IT / Pembobolan Identitas Asli Penemu Bitcoin

Pembobolan Identitas Asli Penemu Bitcoin

Nurman on September 9, 2014 - 5:49 pm in Berita IT Artikel ini dibaca 1269 Kali
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Kisah tentang siapa sebenarnya pencipta mata uang digital, Bitcoin kembali hidup. Baru-baru ini seorang peretas mengakui memiliki informasi yang bisa menguak tentang identitas siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto itu.

Dilansir dari situs Wired (8/9/2014) seorang peretas yang mengaku bernama “Jeffrey” mengatakan ia akan membeberkan rahasia Satoshi Nakamoto jika ada yang membayarnya senilai 25 bitcoin, atau setara 12 ribu Dollar AS (Sekitar Rp 140 juta).

Informasi yang dimiliki oleh Jeffrey itu didapat dengan cara meretas akun email milik Nakamoto yang beralamat di satoshin@gmx.com.

Dalam email-email tersebut, Jeffrey mengatakan di dalamnya terkandung informasi korespondensi Nakamoto sejak tahun 2011 lalu.

Jeffrey tidak merinci secara detil bagaimana cara dia meretas email milik Nakamoto. Namun nampaknya ia memanfaatkan alamat email gmx.com untuk mengambil alih akun lain milik Nakamoto, seperti akun di website P2P Foundation dan di situs open source Sourceforge.

Di situs P2P Foundation, ia menuliskan bahwa informasi tentang Nakamoto telah terjual online dan keselamatan Nakamoto terancam.

“Nampaknya, Anda tidak mengatur Tor dengan rapi dan IP Anda bocor saat menggunakan akun email dulu di tahun 2010. Anda tidak aman lagi. Anda harus segera meninggalkan tempat di mana pun Anda sekarang berada sebelum orang-orang itu (yang membeli informasi) menyakiti Anda,” demikian tulis Jeffrey.

Jeffrey tidak merinci lebih banyak lagi tentang informasi apa yang ia miliki tentang Nakamoto. Ia juga tidak memberikan bukti bahwa informasi itu ada padanya.

Penemu bitcoin, Satoshi Nakamoto telah menghilang dari publik sejak 2010 lalu dan kemungkinan akun emailnya sudah jarang dipakai lagi.

Karena lama tidak dipakai, bisa jadi provider webmail GMX.com membolehkan orang lain mendaftarkan diri dengan nama yang sama, satoshin@gmx.com.

GMX.com yang berbasis di Inggris belum memberikan pernyataan resminya tentang pembobolan akun email Satoshi Nakamoto ini.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: