agenliga
/ Food / Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sakit

admin on April 5, 2014 - 12:51 pm in Food Artikel ini dibaca 1957 Kali
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Ketika tubuh “tumbang” akibat serangan penyakit, beristirahat dan minum obat saja terkadang belum cukup untuk memulihkan kesehatan. Kita juga wajib memperhatikan pola makan.

Memang, saat sakit nafsu makan seolah menghilang. Padahal kita juga perlu mengasup makan-makanan bergizi dan menjaga asupan cairan. Makan dalam porsi kecil namun sering dan mendengarkan tubuh untuk mengetahui apakah kita sudah lapar, bisa mempermudah kita untuk makan selama proses penyembuhan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa memberikan ekstra energi dan nutrisi sehingga kita lebih kuat.

– Sup
Sejak kita kecil ibu pasti membuatkan sup, biasanya sup ayam kampung, ketika kita menderita flu. Penelitian menunjukkan, ayam mengandung asam amino yang disebut cysteine yang membantu menghilangkan lendir di paru-paru dan menjaga saluran napas tetap lembab. Selain itu sup juga akan mencegah dehidrasi dan melawan inflamasi di tenggorokan.

– Teh hangat
Minuman hangat seperti teh hijau sebaiknya rutin kita konsumsi saat sedang kurang sehat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau akan membantu sistem imun melawan kuman penyakit. Jika Anda tidak suka teh, air hangat yang diberi irisan lemon bisa menjadi alternatif.

– Buah yang mengandung vitamin C
Buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, lemon, anggur, kiwi, mengandung flavonoid yang bisa menguatkan sistem imun dan mempercepat penyembuhan. Vitamin C juga diketahui akan mengurangi jumlah hari sakit.

– Makanan pedas
Serangan flu yang membuat hidung tersumbat tak harus diatasi dengan obat. Mengonsumsi makanan pedas sebenarnya bisa meredakan gejala hidung tersumbat.

– Makanan yang menenangkan perut
Pastikan Anda tetap terhidrasi dan konsumsi makanan yang lembut agar lebih mudah dicerna. Anda juga bisa mengonsumsi buah pisang. Kandungan potasiumnnya yang tinggi bisa menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare atau muntah. Buah ini juga mudah dicerna dan bisa menurunkan suhu tubuh.

– Jahe
Penelitian menunjukkan, jahe efektif mencegah dan mengurangi rasa mual dan gangguan perut lainnya seperti muntah, sembelit, serta perut kembung. Minumlah teh jahe untuk menenangkan perut.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: