agenliga
/ Berita Nasional / Lion Air Kemungkinan Dievakuasi Besok Pagi

Lion Air Kemungkinan Dievakuasi Besok Pagi

airplane-lion
admin on April 14, 2013 - 10:49 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 573 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Proses evakuasi pesawat nahas Lion Air seyogianya dilakukan malam ini. Dengan syarat, air laut pasang sehingga badan pesawat mengambang. Jika tak juga mengambang, evakuasi badan pesawat kemungkinan ditunda besok pagi.

“Tadi saya baru cek lagi ke lapangan, badan pesawat masih belum juga terangkat naik ke permukaan. Meski air sudah terlihat pasang,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha, Minggu (14/4/2013).

Farid mengatakan tim gabungan di lapangan sampai saat ini masih memantau. Apakah akan dilanjutkan evakuasi malam ini atau diputuskan ditunda besok, tergantung pada situasi di lokasi kejadian. Namun Farid mengatakan drum-drum sudah dipasang di sayap dan badan pesawat.

Farid juga mengatakan ada beberapa alternatif yang mungkin diambil terkait evakuasi pesawat Lion Air jika diputuskan besok pagi, yakni menambah drum di badan pesawat agar mengambang, memotong-motong badan pesawat lalu ditarik, atau menarik dahulu baru dipotong-potong.

“Yang sekarang coba kita usahakan dulu adalah bagaimana menyelamatkan CVR (cockpit voice recorder, red) dulu. Tadi tim penyelam dari brimob dan SAR yang lakukan penyelaman. Kita minta tolong juga ke Kopaska (Komando Pasukan Katak) TNI yang secara teknis mengetahui medan. Kalau CVR sudah selamat, lengkaplah kita mau bagaimanakan pesawat itu,” jelas Farid.

Farid mengatakan tim telah menemukan keberadaan CVR. Namun benda penting tersebut belum dapat dievakuasi disebabkan badan pesawat yang terdampar hingga menyentuh dasar. Kedalaman air di lokasi jatuhnya pesawat menurutnya diperkirakan lebih dari 5 meter.

“Jadi di lapangan tim keseluruhan memantau penempatan drum-drum itu di body pesawat. Kalau sekiranya bisa digeser, ya digeser malam ini. Jadi kalau tidak ada perubahan di lapangan, ya dilanjutkan besok pagi,” tuturnya.

Sebelumnya, Farid juga mengatakan proses evakuasi akan dilakukan malam ini sekitar pukul 22.00 WITA saat air laut pasang. Saat air laut pasang, diharapkan badan pesawat naik ke permukaan dengan dibantu drum-drum. Langkah ini ditempuh agar proses evakuasi juga tidak merusak terumbu karang.

Pesawat Lion Air jenis Boeing 737-800 NG dengan nomor JT 904 dari Bandung ke Denpasar gagal mendarat dan jatuh di perairan dekat Bandara Internasional Ngurah Rai sekitar pukul 15.35 WITA, Sabtu (13/4). Badan pesawat terbelah dua. Seluruh penumpang yang berjumlah 101 dan kru pesawat selamat.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: