agenliga
/ Berita IT / Lindungi Perangkat Androidmu Dengan Menggunakan Aplikasi Scanner dari Kaspersky Lab

Lindungi Perangkat Androidmu Dengan Menggunakan Aplikasi Scanner dari Kaspersky Lab

Nurman on August 25, 2014 - 4:55 pm in Berita IT Artikel ini dibaca 994 Kali
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Dalam rangka melindungi pengguna terhadap sejumlah kerentanan Android yang ditemukan dalam beberapa bulan terakhir, Kaspersky Lab merilis sebuah aplikasi gratis untuk platform ini.

Kaspersky Fake ID Scanner adalah aplikasi yang memindai smartphone dan tablet dari kerentanan yang membahayakan data berharga, privasi hingga uang para pengguna.

Dalam beberapa bulan terakhir ini banyak ditemukan permasalahan kerentanan tersebut. Salah satu kerentanan baru yang paling mencuat adalah celah yang ditemukan oleh para ahli di Bluebox Labs yang memungkinkan penyerang untuk menyamarkan segala jenis aplikasi, termasuk program berbahaya, sebagai program yang sah yang dikembangkan oleh vendor terkenal. Kerentanan ini bernama Fake ID.

Kerentanan lain yang menjadi pemberitaan hangat adalah Heartbleed. Kerentanan ini dapat dimanfaatkan untuk membaca memori pada sistem yang menggunakan versi tertentu dari protokol Open SSL.

Ini berarti bahwa penyerang bisa mendapatkan akses ke data pengguna yang sensitif dengan mengirimkan permintaan yang dibuat secara khusus. Kerentanan ini mempengaruhi banyak perusahaan, termasuk Google.

Salah satu penemuan terbaru adalah kerentanan Master Key yang memungkinkan penjahat cyber untuk mengakses perangkat Android dengan hak khusus administrator. Ini berarti bahwa penyerang bisa menjalankan software pada perangkat tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Meskipun, sesuai dengan peraturan, Google dengan cepat menutup kerentanan tersebut, jutaan pengguna Android tetap berisiko dikarenakan seringnya produsen perangkat memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperbarui firmware.

Malware dapat menggunakan kerentanan tersebut untuk membuat jalan ke smartphone dan tablet, sering menyamar sebagai aplikasi populer, untuk mencuri data pribadi yang tersimpan pada perangkat, membajak account pengguna di jejaringan sosial, mencuri kredensial online banking, dll.

Untuk mencegah kerentanan tersebut dieksploitasi, Kaspersky Lab telah mengembangkan Kaspersky Free Fake ID Scanner – sebuah aplikasi yang memungkinkan pemilik perangkat Android untuk memindai perangkat mereka dari semua kerentanan ini dan memastikan bahwa tidak ada aplikasi yang terinstal di perangkat yang dapat mengeksploitasi mereka.

Aplikasi ini tidak menghentikan kerentanan yang terdeteksi, tetapi meminta pengguna untuk menginstal versi gratis dari Kaspersky Internet Security untuk Android jika terdapat ancaman yang terdeteksi di perangkat. Produk itu akan melindungi perangkat dari kode berbahaya terlepas kerentanan ini dieksploitasi oleh malware.

Aplikasi yang kompatibel dengan Android 2.3 dan versi diatasnya, tersedia di Google Play dalam dua bahasa – Inggris dan Rusia.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: