agenliga
/ Berita Internasional / Ledakan Dahsyat di Pabrik Pupuk Texas Seperti Bom Nuklir

Ledakan Dahsyat di Pabrik Pupuk Texas Seperti Bom Nuklir

abc_wfaa_texas_explosion
admin on April 18, 2013 - 5:10 pm in Berita Internasional, News Artikel ini dibaca 525 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Ledakan yang terjadi di pabrik pupuk Texas, Amerika Serikat (AS) dirasakan sangat kuat hingga seperti bom nuklir. Dikhawatirkan ledakan di kota West ini merenggut banyak korban jiwa, yang hingga saat ini belum bisa dipastikan jumlahnya.

“Rasanya seperti ledakan bom nuklir. Asap ledakannya berbentuk jamur raksasa,” tutur Walikota West, Tommy Muska, seperti dilansir CNN, Kamis (18/4/2013).

“Ada banyak orang yang luka-luka. Ada banyak orang yang tidak akan ada di sini besok,” ucap Muska.

Meski belum diketahui penyebabnya, ledakan yang terjadi pada Rabu (17/4) malam ini memicu kerusakan besar di area sekitar pabrik. Tidak hanya gedung-gedung di dalam kompleks pabrik tersebut yang hancur, namun juga puluhan bangunan yang ada di dekatnya. Termasuk sebuah sekolah dan rumah-rumah warga.

Getaran akibat ledakan ini bahkan dirasakan oleh warga yang berada sejauh 80 km dari lokasi ledakan. Bahkan Survei Geologi AS mencatat, ledakan ini tercatat sebagai gempa dengan kekuatan 2,1 Skala Richter.

Salah seorang warga setempat, Erick Perez (21) menyaksikan langsung ledakan dahsyat ini. Saat kejadian, Erick dan sejumlah temannya asyik bermain basket di lapangan sekolah di dekat lokasi. Awalnya, mereka berpikir ledakan ini tidak begitu besar. Namun sekitar setengah jam kemudian, jelas Erick, ledakan membesar dan asapnya berubah warna. Erick dan rekan-rekannya pun terhempas ke tanah.

“Ledakan seperti ini belum pernah saya lihat sebelumnya. Kota ini benar-benar hancur,” ucapnya.

Hingga saat ini, otoritas setempat belum bisa memastikan jumlah korban tewas dalam insiden ini. Namun diperkirakan korban jiwa bisa mencapai 60-70 orang.

“Petugas pemadam mengkhawatirkan jumlah korban tewas terus bertambah, bahkan hingga mencapai angka 60-70 korban tewas. Itu baru angka kasar, saya mendapatkan perhitungan tersebut dari petugas pemadam kebakaran, kami tidak tahu pasti,” ucap Dr George Smith, selaku Direktur Manajemen Darurat setempat.

“Namun, dua personel EMS (petugas medis) dipastikan tewas, dan diduga ada 3 petugas pemadam yang juga tewas,” imbuhnya.

West merupakan wilayah di bagian utara Texas, AS yang dihuni sekitar 2.800 orang. Akibat ledakan ini, wilayah West benar-benar kacau. Banyak rumah hancur dan sejumlah penduduk terpaksa dievakuasi ke tempat aman.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: