agenliga
/ Berita Nasional / KSAD: Tidak Ada yang Salah dengan Jiwa Korsa

KSAD: Tidak Ada yang Salah dengan Jiwa Korsa

2305401-pri-pramono-edhie-wibowo--620X310
admin on April 9, 2013 - 5:27 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 670 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo menilai tidak ada yang salah dengan jiwa korsa yang dipegang oleh para prajurit TNI. Jiwa korsa harus dimiliki untuk menghadapi perang.

“Itu rohnya. Kalau dia tidak punya jiwa korsa, suatu saat kawannya terluka di dalam pertempuran, mau ditinggal atau dibawa? Ditinggal nanti dibunuh padahal dia masih terluka tapi tidak bisa berjalan. Kalau tidak punya jiwa korsa, dia tinggal temannya di situ,” kata Pramono di Markas Besar TNI AD di Jakarta, Selasa (9/4/2013).

Pramono mengakui bahwa jiwa korsa telah salah dalam penerapannya jika melihat peristiwa penyerangan Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, DI Yogyakarta. Para prajurit diduga membunuh empat tahanan yang menjadi tersangka pembunuhan Serka Santoso di Hugo’s Cafe.

Empat tersangka yang dieksekusi di dalam sel, yakni Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu, Adrianus Candra Galaja, Hendrik Angel Sahetapi alias Deki, dan Yohanes Juan Manbait.

“Kami evaluasi kembali sehingga jelas kapan jiwa korsa dipakainya, kapan enggak boleh. Jiwa korsa itu tidak salah,” ucap pria yang akan pensiun awal Mei 2013 itu.

Pramono lalu mengapresiasi sikap 11 anggota Kopassus yang mengakui perbuatannya. “Kejujuran prajurit, ksatria, berani bertanggung jawab jarang dimiliki oleh orang Indonesia. Tapi tetap harus ada hukumannya,” pungkas dia.

Seperti diberitakan, pihak TNI AD masih melakukan penyidikan terkait perkara tersebut. Sebanyak 11 prajurit yang sudah mengakui perbuatan belum dijadikan tersangka. Pihak TNI AD hanya menyebut mereka akan dijadikan tersangka.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: