agenliga
/ Berita Nasional / Kronologi Tewasnya 7 Anggota GMKI di Gunung Sinabung

Kronologi Tewasnya 7 Anggota GMKI di Gunung Sinabung

sinabung-140202-a
admin on February 2, 2014 - 5:56 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 7537 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Tujuh dari 14 korban tewas akibat adu panas Gunung Sinabung merupakan relawan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). Para mahasiswa itu datang ke Desa Payung, Kaban Jahe, Sumatera Utara, untuk melakukan bakti sosial buat korban letusan Gunung Sinabung.

Menurut laman resmi GMKI, Minggu (2/2/2014), acara bakti sosial itu akan dilaksanakan hari ini dan akan diikuti seluruh Cabang GMKI dari Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Karena itu, pada Sabtu 1 Januari kemarin sejumlah anggota GMKI berada di Desa Payung itu.

GMKI Cabang Kutacane mengirim 6 relawan pada Jumat 31 Januari yang lalu. Mereka adalah Fitri Napitupulu (Ketua Cabang GMKI Kutacane), Marudut Sihite (Sekretaris Cabang GMKI Kutacane), Santun Siregar (Badan Pengurus Cabang GMKI Kutacane), Julfandi Siregar (Badan Pengurus Cabang GMKI Kutacane), Daniel Siagian (Badan Pengurus Cabang GMKI Kutacane), Asran Lubis (simpatisan GMKI).

“Keenam anggota menginap di rumah salah satu anggota GMKI Kaban Jahe Mahal Surbakti yang juga menjadi korban di Desa Payung,” demikian keterangan yang diunggah pada laman GMKI.

Pada Sabtu 1 Februari kemain, 6 relawan GMKI Kutacane beserta Mahal Surbakti memperingatkan petani-petani yang naik ke Gunung Sinabung untuk melihat kebunnya. Para relawan ini meminta para petani kembali ke tempat pengungsian ataupun daerah aman karena Gunung Sinabung sewaktu-waktu dapat kembali meletus.

“Saat melakukan pelayanan tersebut, gunung kembali aktif mengeluarkan asap yang mengakibatkan 7 orang relawan GMKI meninggal dunia.”

Kejadian Sabtu kemarin tidak disangka oleh warga. Karena erupsi Sinabung relatif sedikit mengendur. Karenanya BNPB sempat akan memulangkan pengungsi yang tinggal di radius 5 kilometer. Atas kejadian ini pemulangan pengungsi pun dibatalkan.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: