agenliga
/ Berita Internasional / Kronologi Penangkapan Dzhokhar Tsarnaev

Kronologi Penangkapan Dzhokhar Tsarnaev

dzhokhar-tsarnaev-surrounded-wide
admin on April 20, 2013 - 2:03 pm in Berita Internasional, News Artikel ini dibaca 757 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Kepolisian Boston dan aparat federal Amerika Serikat membutuhkan waktu nyaris seharian penuh untuk memburu dan menangkap tersangka kedua bom ‘panci’ Boston yang bernama Dzhokhar Tsarnaev. Pemuda 19 tahun ini berhasil kabur setelah kakaknya, Tamerlan Tsarnaev, terkena tembakan dan tertangkap polisi.

Dimulai pada Jumat (19/4) dini hari waktu setempat, kepolisian Boston dan aparat federal AS melakukan perburuan besar-besaran dengan melibatkan banyak personel kepolisian bersenjata lengkap. Perburuan difokuskan di kota Watertown yang menjadi lokasi persembunyian tersangka kedua.

Berikut kronologi pengejaran dan penangkapan Dzhokhar Tsarnaev, seperti dihimpun dari Reuters dan Washington Post, Sabtu (20/4/2013):

Jumat, 19 April 2013

Pukul 01.00
Kepolisian melakukan perburuan besar-besaran untuk mencari tersangka kedua, Dzhokhar, yang berhasil kabur. Ratusan personel kepolisian setempat FBI terlibat dalam perburuan ini. Mereka menyisir sejumlah lokasi di wilayah Watertown.

Pukul 03.00-04.00
Kepolisian negara bagian Massachusetts mengumumkan, pencarian tersangka hingga ke rumah warga. Petugas akan melakukan pencarian dari rumah ke rumah. Warga setempat diminta untuk waspada dan tetap berada di dalam rumah masing-masing.

Pukul 05.30
Layanan kereta api di wilayah Boston dihentikan demi alasan keamanan. Pencarian terus berlangsung.

Pukul 06.00
Tim polisi tambahan dalam jumlah besar diterjunkan ke wilayah Watertown. Mereka bertugas melakukan penyisiran ke jalanan dan rumah-rumah warga. Para personel kepolisian ini dilengkapi senapan semi-otomatis dan dikawal truk anti peluru.

Pukul 08.00
Otoritas negara bagian Massachusetts mengumumkan pengisolasian kota Boston untuk wilayah yang lebih luas. Hal ini dilakukan demi mempermudah pencarian Dzhokhar yang masih buron.

Pukul 10.30
Polisi setempat berhasil menemukan mobil warna abu-abu bermerek Honda dengan nopol dari negara bagian Massachusetts yang diduga keras sempat dibajak tersangka dan digunakan untuk kabur

Sepanjang hari Jumat (19/4)
Perburuan terus berlangsung, termasuk pengerahan helikopter Black Hawk untuk mencari keberadaan tersangka dari udara.

Pukul 18.00
Polisi setempat mencabut imbauan bagi warga Boston untuk tetap di dalam rumah masing-masing. Transportasi massal mulai berfungsi kembali. Namun tersangka kedua masih buron.

Pukul 19.00
Dilaporkan terjadi baku tembak di wilayah Watertown. Polisi mengepung sebuah rumah yang diduga menjadi persembunyian tersangka kedua.

Pukul 20.45
Kepolisian Boston, melalui akun Twitternya, mengumumkan keberhasilan mereka menangkap tersangka kedua, Dzhokhar Tsarnaev. Sejumlah pejabat setempat kemudian memastikan bahwa tersangka kedua sudah dalam penahanan polisi.

Pukul 21.45
Dalam konferensi pers, Komisioner Kepolisian Boston Ed Davis menyatakan, penangkapan diawali oleh laporan seorang warga Watertown yang mengaku melihat tersangka kedua di sekitar lingkungannya.

Mereka memastikan pria yang ditangkap tersebut benar adalah Dzhokhar Tsarnaev. Menurut Ed Davis, Dzhokhar dilarikan ke rumah sakit setempat, dan dilaporkan mengalami luka serius.

Pukul 22.00
Presiden Barack Obama menyampaikan tanggapannya atas penangkapan Dzhokhar Tsarnaev. Dalam pidatonya di Gedung Putih, Obama menyebut penangkapan tersangka kedua ini menjadi ‘bagian paling penting dalam tragedi ini.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: