agenliga
/ Berita Nasional / Jokowi Siap Jadi Juru Damai Konflik Keraton Solo

Jokowi Siap Jadi Juru Damai Konflik Keraton Solo

jokowi
admin on August 27, 2013 - 7:58 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 625 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) mengaku siap bila diminta menjadi mediator dalam konflik yang sedang terjadi di dalam keraton Surakarta.

“Ya enggak apa-apa. Tapi ya kan (Solo) jauh. Saya sudah di Jakarta gini. Masa wira-wiri (bolak-balik) ke sana. Ke sana ya senang-senang saja,” kata Jokowi di Balai Kota, Selasa (27/8/2013).

Jokowi mengungkapkan, sebetulnya jika pengurus keraton yang di dalam sudah rukun, seharusnya ke bawahnya bisa rukun juga. “Sebetulnya kalau yang di atas-atas sudah rukun keluarga, yang lebih muda bisa rukun. Tapi kenyataannya, ternyata susah merukunkan orang,” terang Jokowi.

Jokowi menyesalkan hasil mediasi saat dia menjadi mediator dalam kisruh keraton tak membawa pengaruh banyak. “Kita sudah memediasi dulu antara sinuhun. Saya kira dulu sudah rukun, tapi ternyata di keluarga besar belum,” kenang Jokowi.

Mantan wali kota Surakarta itu juga menyayangkan kondisi konflik di dalam keraton yang sudah terjadi bertahun-tahun. “Dulu waktu ketemu juga sudah sulit. Kita ketemu yang tua dan muda minta bisa bersatu tapi ternyata tidak mau. Harusnya kalau yang di atas sudah rukun, di bawahnya rukun juga,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Keraton Surakarta kembali ribut. Kemarin Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Surakarta membubarkan acara yang digelar oleh Paku Buwono XIII Hangabehi di Sasana Narendra.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: