agenliga
/ Karier / Jadi Mahasiswa Harus Gampang Bergaul

Jadi Mahasiswa Harus Gampang Bergaul

PKKM
admin on August 26, 2013 - 9:50 am in Karier, Lifestyle Artikel ini dibaca 1045 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Menjadi mahasiswa baru (maba) pastinya suatu momentum yang paling ditunggu-tunggu. Selain masuk ke jenjang yang lebih tinggi, seorang maba juga harus pandai dalam bergaul. Pasalnya, kehidupan di sekolah berbeda dengan dunia perkuliahan.

Kesiapan kalian sebagai maba dalam bersosialisasi di kampus nantinya akan tergantung pada diri kalian sendiri. Apalagi, sebagai maba yang tidak ada barengan teman dari SMA, patut menunjukkan sikap yang mudah bergaul.

Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Bunda Mulia (UBM) Marchella Mariana mengungkapkan, ketika pertama kali masuk kuliah, sebagai maba harus mudah bergaul kepada mahasiswa-mahasiswa lainnya.

“Etika bergaul di kampus yang penting sopan dan ramah sama teman-teman, apalagi baru masuk kuliah sebagai maba harus pintar-pintar bergaul, jangan sombong, kalau diajak ngobrol langsung berbaur,” ujarnya, Senin (26/8/2013).

Namun demikian, dalam dunia pertemanan tidak boleh memilih-milih teman, bisa bergaul dengan siapa saja, tidak memandang bulu dan SARA. “Bergaul sama siapa saja boleh, tapi tergantung dari kitanya, harus milih-milih teman, mana yang baik dan mana yang tidak baik,” ucap mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi itu.

Marchella menambahkan, jika ada teman-teman yang mengajak melakukan hal negatif, maka dia akan tegas menolaknya secara baik-baik, agar tali pertemanan tidak putus walaupun teman tersebut tidak baik. “Kalau ada yang ngajakin hal-hal yang negatif, otomatis kita menolak,” singkatnya.

Hal tersebut diamini oleh Mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia Dimas Neidian, dia pun juga berpendapat bahwa jika dikelilingi oleh teman-teman yang berbau negatif, maka harus pintar memilih teman yang baik.

“Pertama kali berkenalan dan mereka tidak benar, harus dihindari. Tergantung dari orangnya, kalau orang tersebut bisa menghindari teman-teman yang menjerumus kita ke hal-hal yang buruk, maka kita harus pintar-pintar untuk memilih teman,” ungkap mahasiswa jurusan Hubungan Internasional itu.

Dia menambahkan, pergaulan di SMA dan di kampus mungkin tidak jauh berbeda. “Enggak jauh beda di pergaulan di SMA, mungkin awalnya saja yang beda karena belum tahu sifat teman yang satu dengan yang lainnya,” imbuhnya.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: