agenliga
/ Motor / Harga Suku Cadang Motor Naik, Pembeli Pilih KW

Harga Suku Cadang Motor Naik, Pembeli Pilih KW

jnpTFJOC7v
Dodox Coolz on August 31, 2013 - 3:32 pm in Motor, Otomotif Artikel ini dibaca 1106 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Melemahnya Rupiah terhadap Dollar Amerika, pelan tapi pasti ikut mempengaruhi kenaikan harga suku cadang kendaraan bermotor. Kenaikan harga suku cadangan ebenarnya sudah mulai terasa usai kenaikan harga BBM bersubdisi. Namun, saat kurs nilai dollar melonjak, harga sparepart kendaraan melesat naik.

Kondisi tersebut membuat masyarakat mulai mencari alternatif lain dengan beralih menggunakan suku cadang imitasi. Pasalnya, suku cadang imitasi harganya tidak lerlalu mahal dari pada membelinya dari toko onderdil resmi.

Suyono, salah satu pemilik toko sparepart resmi mengatakan, jika banyak dari pelanggannya yang bingung dengan kenaikan harga suku cadang ini. Bahkan dari mereka kebanyakan urung membelinya.

“Kalau beli di tempat resmi harga tidak bisa ditawar. Karena harga yang menentukan adalah pihak distributor merk tertentu itu. Kita tidak bisa seenaknya menetukan harga,” jelas Suyono saat ditemui Okezone,di Gemblekan, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, Jumat (30/8/2013).

Untuk harga sparepart satu set rantai sepeda motor matik dan bebek orisinil dijual seharga Rp180.000 hingga Rp190.000. Harga tersebut belum termasuk biaya pemasangan.

Sedangkan untuk satu set rantai sepeda motor sport sekira Rp.210.000 per set termasuk biaya pemasangan. Selain suku cadang, kenaikan harga juga terjadi di harga penjualan ban kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Saat ini harga ban sepeda motor dijual sekitar Rp95.000-Rp120.000 untuk ban depan dan Rp125.000-Rp150.000 untuk ban belakang. Rata-rata naik Rp.5000,” ujarnya.

Dampak dari kenaikan tersebut dirasa Suyono ikut mempengaruhi pendapatannya. Dalam seminggu terakhir ini, omzet penjualannya cenderung beberapa pekan terakhir ini karena konsumen turun drastis.

“Selisih produk asli dan yang imitasi sebenarnya tidak terlalu banyak dibanding harga sparepart asli, naik sekitar lima persen. Meski begitu pembeli tetap memilih untuk membeli di luar toko resmi, namanya juga selera kita tidak bisa memaksa,” pungkasnya.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: