agenliga
/ Berita Nasional / DPR: KAI tidak berhak hapus KRL ekonomi

DPR: KAI tidak berhak hapus KRL ekonomi

KRL ekonomi AC Penuh
admin on March 26, 2013 - 3:11 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 1024 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Kebijakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bakal menghapus kereta ekonomi relasi Serpong-Bekasi dan digantikan dengan Commuter Line, membuat DPR angkat suara.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Aria Bima mengaku tidak setuju dengan rencana PT KAI menghapus kereta ekonomi. Menurutnya KAI tidak punyak hak menghapus kereta tarif sangat murah tersebut.

Alasannya, dalam pengoperasiannya KAI mendapatkan penugasan negara. KAI juga mendapat subsidi dalam bentuk PSO.

“KRL ekonomi itu kan penugasan, memang bukan aksi korporasi saja, itu kan penugasan subsidi dan PSO, jadi tidak bisa hapuskan,” tegas Aria Bima ketika ditemui di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3).

Aria Bima juga mengaku tidak sependapat dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan yang mengatakan penghapusan kereta ekonomi karena sudah tua, sering rusak hingga rajin mogok. Menurutnya, jika kondisinya memang demikian, maka pemerintah seharusnya mengusulkan dalam APBN untuk memperbaharui kondisi kereta.

“Kalau alasan gerbong tua, urusan APBN melalui kementerian perhubungan,” jelasnya.

Politisi PDI-P ini menegaskan penghapusan kereta ekonomi sama saja mengorbankan masyarakat. kereta ekonomi mempunyai fungsi pelayanan publik.

“Kalau kurang duit ada politik anggaran. Jangan dikorbankan ke masyarakat,” tegasnya.

Dia juga bertekad membuat tim gabungan dari Komisi V dan Komisi VI dan memanggil direktur utama PT KAI Ignatius Jonan. “Kita juga akan panggil kementerian perhubungan,” tutupnya.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: