agenliga
/ Berita Nasional / Buruh Siapkan Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

Buruh Siapkan Aksi Tolak Kenaikan Harga BBM

demo bbm
admin on April 16, 2013 - 1:43 pm in Berita Nasional, News Artikel ini dibaca 559 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono nampaknya akan kembali diguncang demo besar menyusul rencananya untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Konfenderasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM dan pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) harus ditolak dengan tegas.

“KSPI menolak dan akan melakukan aksi penolakan di seluruh Indonesia bersama mahasiswa dan elemen gerakan sosial lainnya,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Rabu (17/4/2013).

Menurut Said, alasan penolakan tersebut karena kenaikan harga BBM Rp500-Rp1.000 per liter akan mengakibatkan kenaikan ongkos transportasi walaupun rencananya kenaikan BBM tidak berlaku untuk angkutan umum.

“Namun khan jarang buruh naik DAMRI/PPD Busway tapi naik angkot plus ojek yang secara psikologis dipastikan akan menaikan harga,” ujarnya kembali.

Tidak hanya itu saja, dengan kenaikan harga BBM itu maka buruh akan membeli makanan dengan harga mahal atau tambahan biaya Rp100.000 per bulan (karena inflasi), harga sewa/kontrakan rumah naik Rp100.000 per bulan.

“Kondisi ini bisa dipastikan daya beli buruh akan turun sekitar 30 persen dari kenaikan upah minimal Rp500 ribu-Rp700 ribu,” ungkapnya.

Ditambahkan Said kenaikan BBM yang kemudian diselesaikan dengan pemberian BLT dinilainya sangat politis terlebih akan dilakukan menjelang pemilu 2014 seperti pada tahun 2004-2009 lalu.

Kondisi ini tentu saja akan menguntungkan presiden dan partai penguasa untuk meraup suara dan simpati rakyat miskin yang jumlahnya sangat banyak.

“Jadi kenaikan BBM dan pemberian BLT ini sangat politis dan bukan hitungan ekonomis,” tegasnya.

Sebelumnya, sejumlah aktivis juga sudah melakukan konsolidasi untuk menolak kenaikan harga BBM. Tidak hanya aktivis, PDI Perjuangan juga secara tegas menolak rencana kenaikan harga BBM oleh pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: