agenliga
/ Berita Unik / Bisnis Pernikahan Dalam Air Menjadi Trend Di Tiongkok

Bisnis Pernikahan Dalam Air Menjadi Trend Di Tiongkok

Dodox Coolz on September 7, 2014 - 11:43 am in Berita Unik, News Artikel ini dibaca 1334 Kali
Rate this post
banner-raja

Hotabis.com – Pernikahan adalah hari yang bahagia. Karena diharapkan jadi yang pertama dan terakhir, hari pernikahan sebisa mungkin dibuat menjadi tak terlupakan.

Bagi para wirausahawan yang cermat melihat peluang, pernikahan bisa menjadi salah satu sumber fulus. Pernikahan memang bisnis yang menjanjikan.

Di Tiongkok, pasar bisnis pernikahan ditaksir mencapai 800 miliar yuan (Rp 1.300 triliun) per tahun. Uang ini habis untuk resepsi pernikahan, katering, bulan madu, dan sebagainya.

Saat ini, yang sedang tren di Tiongkok adalah pernikahan di dalam air. Salah satu pelaku usahanya adalah Mr Wedding yang berdomisili di Shanghai, Tiongkok.

Seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/9/2014), Mr Wedding hanyalah usaha kecil yang mempekerjakan 16 orang. Namun popularitas Mr Wedding kini sedang melonjak karena punya layanan unik yaitu pernikahan di dalam air.

“Orang bisa melakukan gaya-gaya yang unik di dalam air. Sensasi tidak ada gravitasi membuat seseorang bisa terlihat anggun,” kata Tina Liu, pendiri dan pemilik Mr Wedding.

Menurut Liu, tidak mudah mempersiapkan pernikahan di dalam air. Pengantin harus menggunakan riasan anti air yang mungkin tidak nyaman. Setiap sesi foto juga memakan waktu cukup lama.

Soal pakaian juga ada aturan tidak tertulis yaitu harus berwarna putih. “Kami sarankan pengantin, terutama yang perempuan, menggunakan gaun putih panjang,” ujarnya.

Namun, bisnis pernikahan bukannya tanpa tantangan. “Industri ini sudah mencapai puncak. Semakin sedikit pasangan muda yang ingin hal macam-macam di hari pernikahan mereka,” kata Shi Kangming, Sekretaris Jenderal Industri Pernikahan Tiongkok.

Shi mencontohkan, pada 2009 ada 90% pasangan yang ingin punya foto pra pernikahan (pre weeding). Namun sekarang jumlahnya turun menjadi sekitar 70%.

Oleh karena itu, setiap pelaku usaha di bisnis pernikahan dituntut terus berinovasi. Liu memberi bocoran pihaknya tengah menyiapka konsep baru yaitu menikah di udara.

“Meski orang-orang belum banyak yang tahu, tetapi saya kira akan banyak yang tertarik untuk mencoba. Ketika semakin banyak yang penasaran, maka ini akan terus berkembang,” papar Liu.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: