agenliga
/ Celebrity / Android Awalnya Didesain untuk Kamera Pintar

Android Awalnya Didesain untuk Kamera Pintar

android kamera
admin on April 19, 2013 - 5:07 pm in Celebrity, Showbiz Artikel ini dibaca 647 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Salah satu kreator Android, Andy Rubin, menyingkap cerita lama tentang lahirnya sistem operasi (OS) Android. Meski saat ini Android sedang mendominasi perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet, tapi ternyata OS tersebut pada awalnya didesain untuk kamera.

Dilansir dari Cnet, Jumat (19/4/2013), keputusan mengubah haluan dari sistem untuk kamera pintar itu disebabkan karena pasar smartphone saat itu sedang tumbuh. Nah, saat melihat smartphone tengah menanjak, tim Android pun mengubah haluan dan menyesuaikan sistem OS itu untuk smartphone.

Rubin membuka kisah Android itu saat menjadi pembicara dalam sebuah pertemuan di Tokyo, Jepang. Para kreator Android awalnya bertujuan untuk mengembangkan sebuah platform kamera dengan penyimpanan cloud online untuk foto. Di sisi lain, kamera nantinya akan terhubung dengan komputer rumah dan “Android Datacenter”.

Dalam presentasinya, Rubin menyertakan dokumen tentang Android yang pertama kali diperlihatkannya kepada investor pada April 2004. Dia menjelaskan, tim Android saat itu dengan cepat menyadari bahwa pasar kamera digital tengah melambat.

Beberapa bulan setelah itu, tim Android akhirnya memperkenalkan sebuah rencana baru yaitu Android untuk handset. Rubin mengatakan, perusahaannya melihat kesempatan menumbuhkan Android dengan cepat sebagai sebuah platform. Terbukti, saat ini Android menjadi raksasa OS di pasar smartphone.

Meskipun Android menyimpang dari rencana awal, tapi kemudian tujuan awal OS tersebut akhirnya terpenuhi. Meski tidak menegaskan tentang kamera, tapi Rubin pernah mengatakan pada 2007 bahwa ia telah melihat Android dijalankan di berbagai perangkat terhubung.

“Langit adalah batasannya. Platform ini ada di berbagai perangkat berbeda, mulai dari sistem navigasi mobil hingga set-top box, lalu laptop, dan tentunya ponsel,” tutur Rubin.

Seperti yang diprediksi Rubi, pengguna kini bisa menemukan Android berjalan di tablet, TV, peralatan dapur, dan kamera pintar.

Adapun Android, diakuisisi oleh Google pada 17 Agustus 2005 dan sejak saat itu resmi menjadi salah satu anak perusahaan Google. Rubin akhirnya menjabat sebagai Senior Vice President of Mobile dan Digital Content di Google hingga Maret 2013 dan kini ia sedang menggarap proyek baru di Google.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: