agenliga
/ Mobil / All New Honda Accord Diklaim Lebih Irit BBM

All New Honda Accord Diklaim Lebih Irit BBM

2013-Honda-Accord-LX-Sedan
admin on April 25, 2013 - 7:18 pm in Mobil, Otomotif Artikel ini dibaca 1269 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Teknologi mesin Honda dengan struktur mesin terbaru dan bobot yang lebih ringan diklaim dapat menghasilkan efisiensi dalam pemakaian bahan bakar. Dengan teknologi mesin Eart Dream 2.4 liter DOHC i-VTEC diklaim Accord terbaru ini jauh lebih irit 7 sampai 9 persen dibanding Accord sebelumnya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Technical Engineer -Powertrain PT Honda R&D Indonesia Masanori Hashimoto dalam wawancara khusus dengan media di sela-sela acara peluncuran Accord di Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Menurutnya, perbandingan efisiensi bahan bakar ini mengacu pada Accord yang di pasarkan di Australia karena spesifikasi yang paling mendekati dengan Accord yang di pasarkan di Indonesia yakni yang di Australia.

Mengingat di Indonesia itu sendiri lanjut Hashimoto belum ada lembaga atau peraturan yang mengatur efisiensi bahan bakar seperti di Australia.

“Karena di Indonesia belum ada regulasinya maka negara yang paling dekat yang sudah memiliki regulasi yakni Australia. Jadi Accord baru ini lebih irit 7 sampai 9 persen dibanding Accord sebelumnya,” lugasnya.

Dengan begitu HPM berani mengklaimnya dengan standar yang ditetapkan di Australia. Efisiensi bahan bakar ini sendiri karena adanya teknologi mesin baru yakni Earth Dream Technology.

“Sebenarnya kita tidak bisa mengacu ke Australi tapi kita ambil yang spesifikasinya hampir mirip dengan yang ada di Indonesia. Karena pemerintah Australi itu sendiri sudah memiliki regulasi tersebut,” tambah Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy.

Pertama di Indonesia Accord Pakai Teknologi Earth Dreams Technology

Selain hadir dengan desain baru All New Honda Accord yang resmi diluncurkan di Indonesia ini juga ternyata merupakan sedan pertama Honda yang mengaplikasikan Earth Dreams Technology.

Apa teknology Earth Dreams Technology ini? Ini merupakan pengembangan teknologi mesin Honda dengan struktur mesin terbaru dan bobot yang lebih ringan sehingga menghasilkan efisiensi dalam pemakaian bahan bakar namun tetap bertenaga sesuai dengan visi driving enjoyment dari Honda.

“Teknologi ini pertama untuk sedan Honda di Indonesia sehingga Accord ini efisiensinya akan jauh lebih irit,” tegas Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy.

Untuk semakin mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, terdapat fitur baru yaitu ECON Mode yang terdiri dari ECO AssistTM dan ECON Button.

ECO AssistTM memberikan petunjuk kepada pengemudi untuk menghemat bahan bakar saat berkendara, dimana gaya pengendaraan akan diukur dan hasilnya ditampilkan secara real time pada indikator warna yang berubah menjadi hijau sebagai indikasi konsumsi bahan bakar yang efisien.

All New Accord dibekali dengan mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC yang menghasilkan tenaga sebesar 176 PS pada 6.200 rpm dengan torsi maksimal 225 Nm pada 4.000 rpm.

Semua varian Accord juga dilengkapi dengan sistem suspensi McPherson Strut untuk bagian depan serta Multi Link di bagian belakang yang menjadikan Accord memiliki stabilitas dan kenyamanan yang sempurna.

Earth Dream Technology Tingkatkan Efisiensi Bahan Bakar Honda

Mesin dengan teknologi Earth Dream itu tujuannya untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada suatu kendaraan. Pengertiannya hampir sama dengan teknologi hybrid yakni sama-sama untuk mengejar efisiensi bahan bakar.

Jadi apa bedanya teknologi Earth Dream dengan hybrid?

Hashimoto mengatakan kalau sebenarnya teknologi Earth Dream itu hanya nama menyeluruh yang di pakai Honda dalam rangka meningkatkan efisiensi bahan bakar.

“Semua yang dilakukan untuk rangka efisiensi bahan bakar itu diberinama Earth Dream Technology. Termasuk di dalamnya itu hybrid,” tegas Hashimoto.

Hashimoto menambahkan nama itu mulai digunakan sejak 2 tahun lalu. Jadi teknologi Earth Dream itu tidak hanya digunakanpada Accord tapi akan juga digunakan pada model-model lainnya.

“Di Amerika dan Eropa juga sudah menggunakan nama seperti itu. Kedepannya akan di terapkan ke model lainnya. Jadi sama saja Earth Dream Technology itu nama umum yang digunakan Honda dalam rangka meningkatkan efisiensi bahan bakar,” tutupnya.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: