agenliga
/ Berita Internasional / 79 Nyawa Melayang & 2,2 Juta Orang Mengungsi Akibat Banjir di India

79 Nyawa Melayang & 2,2 Juta Orang Mengungsi Akibat Banjir di India

india-flood2
admin on March 5, 2013 - 7:58 pm in Berita Internasional, News Artikel ini dibaca 676 Kali
Rate this post

New Delhi, – Sedikitnya 79 nyawa melayang akibat banjir yang dipicu hujan deras berkepanjangan di wilayah India bagian utara. Banjir ini juga memaksa sekitar 2,2 juta warga India untuk mengungsi.

Hujan deras yang melanda India sejak pekan lalu, membuat sungai Brahmaputra meluap dan airnya membanjiri wilayah Assam yang berbatasan dengan Bhutan dan Bangladesh. Pemerintah daerah Assam menuturkan banjir yang menerjang 27 distrik di wilayah tersebut telah menghancurkan ribuan rumah warga, memutus akses jalan dan menggenangi sejumlah lahan pertanian. Banjir kemudian meluas hingga ke wilayah Arunachal Pradesh dan Manipur, namun belum ada laporan korban jiwa di kedua wilayah tersebut.

“Sejauh ini dilaporkan 79 orang tewas dalam sejumlah insiden terpisah, ada yang tewas dalam insiden kapal terbalik atau tewas tenggelam saat berusaha menyelamatkan diri dari aliran banjir yang deras maupun dari tanah longsor,” demikian pernyataan pemerintah setempat, seperti dilansir oleh AFP, Senin (2/7/2012).

Dalam pernyataan tersebut juga disebutkan bahwa sekitar sekitar 2,2 juta orang terpaksa mengungsi ke lokasi lain, sedangkan ribuan rumah dilaporkan rusak akibat terjangan banjir. Lebih dari 500 ribu orang harus tinggal di kamp pengungsian untuk sementara.

“Kami telah membuka kamp pengungsian bagi warga yang mengungsi, sedangkan warga lainnya bisa tinggal di tenda darurat,” ujar Menteri Kesehatan untuk wilayah Assam, Himanta Biswa Sarma kepada AFP.

Sementara itu, dilaporkan juga bahwa banjir menerjang Taman Nasional Kaziranga yang dihuni oleh bermacam binatang buas seperti macan, badak bercula satu dan gajah. Sekitar 70 persen kawasan tersebut digenangi oleh air. “Binatang-binatang di sana tengah dipindahkan ke wilayah yang lebih aman,” ucap pengawas taman nasional tersebut, Sanji Bora kepada AFP.

Perdana Menteri India, Manmohan Singh dan Presiden Partai Kongres Sonia Gandhi datang mengunjungi lokasi bencana hari ini. Mereka melakukan inspeksi penanganan bencana dan meninjau sejumlah kamp pengungsian.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: