agenliga
/ Food / 6 Tips Memasak Steak Sempurna

6 Tips Memasak Steak Sempurna

2oriental-marinated-steak
admin on August 15, 2013 - 2:30 pm in Food Artikel ini dibaca 1028 Kali
Rate this post

Hotabis.com – STEAK kadang keras usai dipanggang, dagingnya bahkan seperti karet. Padahal, daging yang dipilih cukup berkualitas. Lantas, bagaimana kiat memasak steak terbaik?

Berikut beberapa trik terbaik yang bisa dilakukan dalam memasak steak, seperti dilansir Metro:

Pikirkan soal rasa
Selalu lakukan permulaan dengan memilih daging steak yang berkualitas. Jika memiliki bahan berkualitas, maka Anda sudah mendapatkan setengah dari hasil yang diharapkan. Gunakan daging sapi basah, yang telah digantung selama 24-48 jam, kemudian potong dan bungkus dengan vacuum-packed. Setelah itu, simpan di dalam freezer selama 21-28 hari agar daging menjadi basah.

Jika sudah, persiapkan arang untuk pembakaran untuk memberikan rasa steak yang alami. Kalau ingin lebih nikmat, Anda bisa menambahkan kayu untuk campuran pembakaran.

Membumbui adalah poin penting
Bubuhi steak dengan garam. Jika Anda menggunakan sepotong daging sapi basah, tempatkan di atas panggangan. Taburi banyak garam halus di atasnya. Garam berguna membuka pori-pori daging, dan rasa daging tidak akan asin usai dimasak.

Periksa juicy daging
Berapa lama memanggang steak, bergantung pada ukurang potongan daging yang akan digunakan. Daging yang lebih tipis akan memiliki waktu lebih sedikit saat dipanggang karena tidak memiliki banyak serat untuk ‘pecah’. Daging seberat 200 gram, misalnya, membutuhkan waktu sekira lima menit di atas panggangan dengan api sedang.

Kemudian, tambahkan 2 hingga 3 menit untuk ukuran daging medium. Lihat perubahan warna daging dari juicy-nya. Kalau sudah terlihat bintik coklat, tanda daging masih mentah, tapi kalau sudah terlihat merah jambu, pertanda daging medium. Seemntara, kalau sudah mengarah ke warna merah, pertanda medium mengarah ke matang. Terakhir, bila sudah terlihat cokelat tua, tandanya daging terlalu matang.

Terlalu sering membolak-balikkan daging akan mempengaruhi kualitas hasilnya, jadi hindari hal tersebut. Cukup balikkan daging sebanyak dua kali di atas panggangan.

Istirahatkan daging
Pada saat dimasak, daging akan terasa ‘tegang’. Namun, bila didiamkan beberapa menit saja, maka daging akan menjadi lembut dan ini harus dilakukan bila Anda memanggang daging yang lebih besar.

Marbling pertanda kualitas baik
Untuk menentukan daging baik atau tidak, maka akan terlihat dari marbling-nya. Warna adalah hal lain yang juga perlu diperhatikan. Jangan membeli daging yang memiliki marbling terlalu terang, sebagai tanda daging sudah lama karena daging yang sudah disembelih dan berada di toko, jaraknya idealnya 36 jam.

Pastikan suhu tepat
Letakkan tangan Anda sekitar 50cm di atas panggangan, kemudian pindahkan ke bagian tengah, Anda akan merasakan variasi suhu yang berbeda. Setelah berada di tengah, tahan selama lima detik sebelum Anda memindahkan tangan, ini suhu ideal dalam memasak steak.

Pastikan pula panggangan harus selalu bagus dan bersih sebelum memulai memasak. Jangan lupa olesi minyak demi mendapatkan steak yang bagus.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: