agenliga
/ Family Fashion and Trend / 5 Penyebab Anda Lebih Boros Saat berbelanja

5 Penyebab Anda Lebih Boros Saat berbelanja

5-penyebab-anda-lebih-boros-saat-berbelanja
admin on May 29, 2013 - 11:39 pm in Family Fashion and Trend, Lifestyle Artikel ini dibaca 9958 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Belanja memang merupakan salah satu kebiasaan wanita. Namun seringkali masalah pemborosan menjadi problem nomer satu yang mengikuti hobi belanja pada wanita.

Mengatur keuangan memang butuh keteguhan hati dan cara berpikir yang efisien. Seringkali kita membeli yang tidak kita butuhkan akibat lapar mata. Akhirnya, pengeluaranpun ikut membengkak. Namun, ada beberapa hal lagi lho yang membuat Anda lebih banyak mengeluarkan uang.

1. Belanja Dengan Teman

Coba perhatikan bagaimana pengeluaran Anda saat berbelanja dengan teman-teman. Wanita memang bisa saling mempengaruhi dalam urusan kecantikan, fashion dan gaya hidup. Hal inilah yang kemudian berdampak pada kebiasaan Anda belanja saat bersama dengan teman-teman.

Siapkan budget sendiri untuk berbelanja dengan teman-teman Anda. Tapi, sebelumnya penuhi dulu kebutuhan pokok Anda tanpa harus ditemani oleh mereka.

2. Tidak Pakai Daftar Belanja

Kesalahan kedua yang membuat wanita makin boros adalah tak menggunakan daftar belanja. Anda tak tahu mana yang prioritas dan mana yang sangat sekunder. Belanja tanpa menggunakan daftar juga rawan membuat Anda lapar mata.

So, coba lihat perbedaannya saat Anda belanja dengan menggunakan daftar belanja dan tidak. Daftar belanja umumnya membuat Anda lebih bisa mengira–ngira seberapa banyak pengeluaran dan mana yang benar-benar Anda butuhkan.

3. Terlalu Sering Belanja Online

Kebanyakan konsumen belanja online adalah wanita. Sistem belanja yang satu ini memang bisa memudahkan kita mendapatkan barang. Tinggal memilih barang, beli, transfer dan barang akan dikirim ke tempat kita.

Namun terlalu sering membeli ke toko online juga bisa menggerus keuangan Anda. Ada biaya ongkos kirim dan mungkin Anda bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih terjangkau kalau Anda mau meluangkan waktu ke toko atau pasar terdekat di kota Anda. Pastikan Anda membeli barang di Online Shop untuk item tertentu yang mungkin memang tidak bisa Anda jangkau di toko terdekat.

4. Penggunaan Uang Non Tunai

Salah satu bentuk pemborosan kecil-kecilan yang tak kita sadari adalah pembayaran non tunai yang biasanya kita lakukan menggunakan kartu ATM. Ada biaya-biaya yang mungkin saat ini tak seberapa bila dihitung untuk membayar barang.

Namun, coba cek dalam sebulan selama Anda menggunakan kartu ATM. Berapa banyak biaya administrasi yang sudah terbuang dan mungkin bisa Anda gunakan untuk kebutuhan lain? Belanja tunai setidaknya bisa membantu Anda lebih hemat, Ladies.

5. Sistem Cicilan

Sistem cicilan sebenarnya terhitung lebih mahal. Namun, kadang orang ingin membeli gadget atau pembelian tertentu dengan menggunakan sistem cicilan. Tidak ada salahnya menggunakan fasilitas tersebut bila Anda memang sedang sangat membutuhkannya. Namun sebisa mungkin gunakan sistem bayar tunai agar Anda lebih hemat dan tak kepikiran tanggungan yang belum dibayar.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: