agenliga
/ Kesehatan / 3 Penyebab Makan Berlebihan

3 Penyebab Makan Berlebihan

makan
admin on April 23, 2013 - 9:54 pm in Kesehatan, Lifestyle Artikel ini dibaca 795 Kali
Rate this post

Hotabis.com – Ketika makan berlebihan berkembang menjadi kebiasaan, akan menjadi sulit bagi Anda untuk menghentikannya. Namun, mengidentifikasi alasan di balik makan berlebihan, dan Anda baik pada cara untuk melanggar itu.

1. Makan karena Emosional

Makan ketika sedang merasa bosan adalah penyebab umum dari makan berlebihan. Atau makan sebagai pendampin aktivitas Anda yang lainnya bisa juga menyebabkan hal itu. Misalnya, ketika menonton televisi kita sering mencari sesuatu untuk dimakan meskipun Anda baru saja makan besar.

Atau ketika Anda merasa sedih dan kesepian atau stres dan marah, Anda akan mencari kenyamanan dengan mengalihkan pikiran ke makanan. Akan lebih baik Anda berbicara dengan teman atau keluarga untuk menangani masalah emosi Anda.

2. Kebiasaan

Orang tua juga berperan dalam mengajar anaknya makan berlebihan. Ketika masih kecil, kadang orang tua mendorong anak makan segala sesuatu yang ada di piring Anda.

3. Tidak Sadar

Katika makan, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas lain. Misalnya membaca buku, berbicara di telepon, makan sepiring dengan orang lain. Aktivitas itu dapat mengganggu konsentrasi Anda dan membuat Anda tidak fokus dengan jumlah makanan yang sudah masuk ke dalam mulut Anda.

Yang Perlu Anda Tahu!

Para peneliti di Brookhaven National Laboratory , AS, menemukan, posterior amygdala yang terdapat di bagian kiri otak dapat mengontrol perasaan kenyang. Sedangkan hormon yang disebut ghrelin dapat menstimulasi rasa lapar dan kenyang dalam jangka waktu pendek.

Penelitian ini juga menemukan bahwa orang gemuk memiliki aktivasi ini lebih sedikit pada otaknya dibanding orang dengan berat badan normal. Orang dengan kasus ghrelin tinggi juga memicu amygdala lebih sering.

0 POST COMMENT
Rate this article
Rate this post

Send Us A Message Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: